PEKANBARU – Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun meresmikan Klinik Al Muflihun di Rumah Dinas Wali Kota Pekanbaru, Jalan Ahmad Yani. Klinik ini sedang menggelar kegiatan sunat massal bagi puluhan anak-anak oleh Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP bersama dengan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pekanbaru Raja Rilla Muflihun, Kamis (4/8/2022).

Muflihun mengatakan, klinik ini beroperasi berkat kerjasama antara Pemko dan TP PKK Pekanbaru. Dengan dibukanya Faskes Al-Muflihun ini, nantinya akan disediakan layanan kesehatan bagi masyarakat Pekanbaru yang kurang mampu. Dimana, warga kurang mampu dapat berobat diklinik ini, gratis.

GoRiau

"Kita mengapresiasi ibu-ibu TP PKK Pekanbaru, karena telah menyediakan fasilitas kesehatan bagi masyarakat secara gratis. Ke depan kita berencana untuk menyediakan klinik di 15 kecamatan yang ada di Pekanbaru," ungkap dia.

Fasilitas kesehatan gratis, menurut Muflihun, harus sampai pada daerah terpencil yang ada di Pekanbaru, seperti Melebung dan lainnya. Dirinya berharap, para penggerak PKK Pekanbaru bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, terus memberikan edukasi mengenai kesehatan kepada masyarakat.

"Ibu-ibu PKK, kami minta terus mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan. Terus ajak masyarakat kita melakukan vaksinasi booster yang capaiannya baru 32 persen. Agar jika terjangkit Covid-19 tidak terlalu parah. Ingatkan juga anak-anak kita untuk mengikuti vaksinasi rubella. Hati-hati penyakit campak ini, jangan lengah," imbaunya.

GoRiau

Pj Wali Kota Muflihun yang turut didampingi Sekdako Pekanbaru M Jamil, menyaksikan langsung proses khitanan dengan metode klamp yang dilakukan dr Sugeng. Para peserta sunatan massal ini juga diberi sertifikat dan bingkisan sebagai oleh - oleh. Sunatan massal ini sendiri, juga akan dilakukan pada 15 Kecamatan yang ada di Pekanbaru secara bertahap.

"Terimakasih kepada pengurus TP PKK Pekanbaru, kami juga mengapresiasi tenaga kesehatan yang telah berjuang untuk masyarakat Pekanbaru. Semoga niat baik kita untuk Pekanbaru sehat ini, terus berprogres dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat Pekanbaru," sebut Muflihun.

Sementara itu dr Sugeng selaku penanggung jawab Sunatan Massal ini mengatakan sunatan Massal ini sendiri, pertanda dibukanya fasilitas kesehatan Klinik "Al - Muflihun" yang berada di Rumah Dinas Wali Kota Pekanbaru Jalan Ahmad Yani. Klinik ini nantinya akan menyedikan layanan kesehatan bagi masyarakat Pekanbaru yang kurang mampu.

"Alhamdulillah hari ini sebanyak 25 anak Pekanbaru mengikuti sunatan massal yang bertemakan Sunatan Massal Berbagi Kasih Nyata Kepedulian untuk Masyarakat Pekanbaru. Kegiatan berjalan lancar dan tak ada kendala berarti," jelasnya.

dr Sugeng mengatakan adapun jenis meteode yang digunakan dalam sunatan ini adalah klamp.

"Dimana ini merupakan metode terbaik yang difasilitasi oleh Pj Wali Kota bersama Ketua TP PKK Pekanbaru. Metode klamp sangat cepat sembuh, begitu selesai disunat, tak sampai 5 menit anak kita sudah bisa memakai celana kembali. Sehingga esok harinya, sudah bisa beraktifitas seperti sekolah dan bermain kembali," pungkasnya. ***