TEMBILAHAN - Lembaga Adat Melayu Riau menyelenggarakan kegiatan yang diberi tajuk "Syiar Syair Ragam Melayu Riau", Senin (19/12/2022). Kegiatan yang berpusat di Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Indragiri Hilir, Tembilahan tersebut diikuti oleh siswa-siswi SMA sederajat di kawasan Tembilahan.

Datuk Deni Afriadi selaku penyelaras Bidang Bidang Pembinaan, Pengembangan dan Pelestarian Seni dalam kesempatan mewakili Ketua Umum DPH LAMR, Datuk Seri Taufik Ikram Jamil mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan di Tembilahan dalam rangka mengemban tugas LAMR yang memiliki tanggung jawab kerja wilayah Riau. Selain itu sebagaimana diketahui bahwa di Inhil terdapat salah satu syair yang cukup terkenal, yakni Syair Ibarat Khabar Kiamat yang dikarang oleh Mufti Kerajaan Indragiri Syech Abdurrahman Siddiq.

"Ini memang pesan dari Datuk Seri Taufik Ikram Jamil agar LAMR menaungi kerja di wilayah Provinsi Riau. Maka kita laksanakan di Tembilahan. Tidak dominan dilaksanakan di Pekanbaru saja. Selain juga hari ini dilaksanakan kegiatan Anjung Kaligrafi Arab Melayu di Bangkinang Kampar dan Seminar Pantun di Bengkalis," jelasnya.

Datuk Deni juga menjelaskan bahwa LAMR hari ini juga harus melirik kader generasi dibidang adat dan budaya di Riau. Maka LAMR menjadikan siswa-siswi sebagai peserta kegiatan.

"Selain mengurusi adat secara umum, LAMR hari ini juga fokus memperhatikan regenarsi pecinta dan penerus adat Melayu Riau. Karena puluhan tahun ke depan generasi inilah yang akan meneruskan kelembagaan adat di Riau" tambahnya.

Sementara itu dari pihak LAMR Kabupaten Inhil yang langsung dihadiri oleh Ketua Umum DPH LAMR Kabupaten Inhil, Datuk Seri Said Syarifuddin mengucapkan terima kasih kepada LAMR Provinsi Riau yang menjadikan Inhil sebagai tempat kegiatan. Ini tentunya menjadi tanggungjawab bersama untuk menanamkan asas jati diri generasi muda di Inhil.

"Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan ini. Semoga ini berkelanjutan dan sama-sama mendidik generasi berlandaskan adat dan budaya di Kabupaten Inhil," tukasnya.

Kegiatan Syiar Syair Ragam Melayu Riau ini berupa pelatihan syair di kalangan siswa-siswi. Adapun pemateri yang memberikan pelatihan adalah Datuk Tengku Sayid Basirun dari Tembilahan dan Datin Siska Armiza dari LAMR Provinsi Riau. (kl2)