PEKANBARU - National Paralympic Commite (NPC) Riau merupakan organisasi yang tertib dan disiplin, dengan melahirkan atlet-atlet terbaik yang mengharumkan nama Riau di ajang olahraga difabel.

Hal itu disampaikan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman saat menghadiri acara Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Pengurus Provinsi (Pengprov) NPC Riau, Jumat (28/7/2017) malam di Hotel Alpha Pekanbaru.

"Kami dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan berusaha membantu NPC Riau, bahkan organisasi lainnya untuk memajukan olahraga di Riau dan mengharumkan nama Riau di ajang nasional," ujarnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh atlet NPC Riau, agar terus membuat prestasi sebanyak mungkin untuk diri sendiri, daerah dan negara. "Pada Peparnas 2016 lalu, NPC Riau berhasil meraih rangking empat besar dan kita berharap agar prestasi itu lebih ditingkatkan lagi," tukasnya.

"Sebab itu, prestasi yang diraih atlet NPC Riau pada ajang Peparnas tahun lalu itu, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Riau," sambungnya dalam sambutan saat menghadiri acara Rakerprov NPC Riau 2017.

Sementara itu Ketua Umum NPC Riau, Jaya Kusuma menyampaikan, rakerprov ini adalah yang pertama sekali dilakukan selama NPC Riau berdiri. “Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau dan Presiden NPC Pusat yang hadir pada rakerprov kita ini,” ujar Jaya.

Jaya menambahkan, Gubernur Riau juga langsung turut serta menyaksikan atlet NPC Riau bertanding pada Peparnas 2016 lalu. “Jadi hanya Riau dan Jawa Barat saja saat itu yang langsung dihadiri Gubernurnya,” ucap Jaya.

Dilanjutkannya, pada rakerprov kali ini, pihaknya dan NPC kabupaten/kota se-Riau akan melakukan evaluasi program 2016 dan membahas program kedepannya untuk memajukan dan mengembangkan potensi atlet difabel yang ada setiap kabupaten/kota.

Presiden NPC Indonesia, Sanny Marbun mengungkapkan, Rakerprov NPC Riau ini luar biasa karena langsung dihadiri Gubernur. "Ini membuktikan perhatian pemerintah kepada atlet NPC cukup tinggi dan bonus yang diperoleh juga hampir sama dengan atlet normal," ucapanya.

Senny juga minta agar seluruh pengurus NPC Riau dan kabupaten/kota agar melakukan rakerprov dengan baik dan serius. "Sebab masih banyak kegiatan atau agenda yang akan dilaksanakan," pungkasnya.***