PEKANBARU - Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, yang berlokasi di Jalan Garuda Sakti, Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru akan dikhususkan untuk menampung pasien Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, didampingi Walikota Pekanbaru Firdaus, Senin (26/10/2020).

"RSD Madani kita khususkan bagi pasien Covid-19. Nanti akan ada fasilitas-fasilitas yang kita lengkapi, yang akan dibantu oleh Pemprov Riau," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Firdaus menambahkan, sebagai layanan kesehatan khusus pasien Covid-19, RSD Madani juga akan menampung pasien dari kabupaten/kota lain di Riau. Hal ini dimaksudkan untuk menguatkan pelayanan Covid-19 di Provinsi Riau, dan membantu RSUD Arifin Ahmad yang sering over kapasitas.

"RSD Madani ini sebagai penguatan pelayanan Covid-19 di Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru. Akan tetapi, bukan hanya pasien Kota Pekanbaru saja, karena di sana juga kita sudah menampung pasien asal Kabupaten Kampar," paparnya.

Selain itu, Firdaus juga menuturkan bahwa Kota Pekanbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Riau telah mempersiapkan laboratorium biomolekuler. Laboratorium ini juga akan menunjang layanan kesehatan khusus Covid-19, yang dapat melayani 1.000 pemeriksaan swab perhari.

"Lab sedang proses. Paling lama, dua minggu lagi selesai, karena kita juga minta pendampingan dari kejaksaan agar pengerjaan dan persiapannya berjalan tepat dan tanpa masalah di kemudian hari,"pungkasnya.***