PEKANBARU - Kelompok Terbang (Kloter) I Jamaah Haji asal Provinsi Riau sebanyak 450 orang tiba di Bandara Sultan Syarif (SSK) II, Pekanbaru, Senin (19/8/2019) dinihari. Sebelum terbang ke Pekanbaru jamaah haji asal Riau terlebih dahulu mendarat di Bandara Hang Nadim Batam dari Arab Saudi.

Hal itu dikatakan Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi kepada GoRiau.com, Jumat (16/8/2019). Setelah mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, jemaah haji Riau transit dahulu, lalu menuju ke Bandara SSK II Pekanbaru.

"Jamaah haji Riau mendarat di Batam tanggal 18 Agustus 2019. Sekitar pukul 01.00 WIB (19 Agustua 2019), terbang ke Pekanbaru dari Batam," kata Syamsuar, usai memimpin rapat persiapan penyambutan kepulangan jemaah haji Riau di Embarkasi Haji Antara Riau, Jalan Mekar Sari, Pekanbaru.

Dari Batam, dikatakan Syamsuar, jamaah haji Riau diterbangkan ke Pekanbaru menggunakan tiga pesawat. Sekitar pukul 02.00 WIB, sudah bisa dilakukan penyambutan di Embarkasi Haji Antara Riau.

"Saya meminta kepada pihak panitia agar tidak berlama-lama dalam melakukan acara penyambutan. Sebab jemaah haji yang baru saja melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Mereka sangat rindu dan ingin segera pulang bertemu dengan keluarganya. Sehingga acara penyambutan diminta untuk dibuat singkat saja," ungkap Syamsuar.

Syamsuar juga berharap, jamaah haji yang sudah kembali ke Pekanbaru cepat diberangkatkan ke daerahnya masing-masing. Jadi acara penyambutan jangan panjang. Karena jamaah haji tentu sangat capek, jadi segerakan saja untuk pulang ke rumah masing-masing.

"Dengan adanya embarkasi haji antara Riau, jamaah haji Riau tidak lagi harus menginap di asrama haji Batam. Sehingga bisa langsung diterbangkan ke Pekanbaru. Kemudian diserahkan ke kabupaten dan kota masing-masing," jelas Syamsuar. (advertorial)