BANYAK orang menyangka Astrid Margaretha menjadi mualaf gara-gara menikah dengan Uya Kuya. Padahal, Astrid sudah bersyahadat jauh sebelum menikah dengan Uya.

Astrid Margaretha yang mengubah namanya menjadi Astrid Khairunnisa setelah menjadi Muslinah mengaku memutuskan memeluk Islam atas keinginan sendiri.

''Jadi banyak yang bilang aku mualaf karena ikut suami, sebenarnya aku mualaf dari kuliah semester 4. Namanya kita bertumbuh kan mencari jati diri, keimanan kita, naik turun,'' kata Asrid dikutip dari Okezone.com yang mengutip dari kanal YouTube Oki Setiana Dewi, Sabtu (13/11/2021). 

Astrid menuturkan, dirinya sudah ingin belajar tentang Islam sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Kala itu dia mulai mencari tahu tentang Islam dan membaca Alquran. 

''Ketika SMA pertanyaan aku waktu itu, aku kan non muslim, ada beberapa pertanyaan yang aku lontarkan ke pemuka agama aku, dan ada beberapa pertanyaan yang mereka enggak bisa berikan jawaban ke aku,'' paparnya.

''Terus aku mulai baca-baca ternyata Alquran, katanya kan itu yang terakhir, ada taurat, Alkitab, dan Alquran itu yang melengkapi semuanya,'' imbuh wanita yang kini betusia 41 tahun itu.

Tidak hanya itu, Astrid juga mengaku rajin bertanya kepada ustaz dan temannya yang seorang Muslim. Hingga akhirnya pun dia memutuskan untuk pindah keyakinan setelah yakin. 

Meskipun demikian, perjalanan Astrid untuk pindah agama ternyata tidak berjalan mulus. Terlebih dia sempat mendapat penolakan dari ibunya yang merupakan seorang pendeta.

''Orang tuaku kebetulan pendoa, pendeta. Mereka marah dan kecewa, sudah pasti. Mukena juga ketahuan sama mama, dilempar, kaya sinetron, sampai nangis-nangis,'' kenangnya.

Seiring berjalannya waktu, sang mama ternyata mampu menerima pilihan Astrid. Ibunya bahkan mengungkapkan kata-kata bijak untuk anaknya.

''Ibuku cuma pesan, 'Mama sadar nanti kita meninggal pun sendiri-sendiri, enggak ada yang nemenin. Jadi semua dosa dan pahala punya kamu sendiri. Toh nanti kita meninggal sendiri-sendiri, ini hidup kamu jalani hidup kamu sendiri,'' ungkapnya.***