JAKARTA - Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan tak menampik jika dirinya akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Hal ini dikatakan di Gedung DPR RI, Jakarta. Menurutnya, sepanjang apa yang dia lakukan adalah demi negara, maka dia akan menjalaninya.

"Ya kita lihat perkembangan, kalau kita masih sehat kan saya akan berikan sisa hidup saya kepada negara Indonesia," kata Iwan Bule sapaan Iriawan kepada wartawan, Rabu (9/11/2022).

Terkait dengan baju kuning yang dia kenakan ketika pembentukan tim Task Force atau Satuan Tugas (Satgas) transformasi sepakbola Indonesia, Iwan Bule mengatakan bahwa hal itu bukan berarti dia berupaya merangkul partai politik tertentu sebagai kendaraan politik Pilkada Jabar. Adapun baju warna kuning yang ia kenakan saat itu berlogo PSSI dan Garuda Pancasila.

"Hah? Oh enggak ada. Semua kawan saya di sini, barusan Pak Fahri dari PAN, dari NasDem, dari Demokrat semua kawan," ujarnya.

"Pas aja bajunya kan ada item, ada kuning hahaha. Ada apa lagi? Ada item, ada kuning, ada biru, ada ijo. Baju saya setiap hari ganti-ganti, ada putih," ujarnya.

Nama Iwan Bule beberapa waktu belakangan banyak dibicarakan terkait mau sebagai kandidat calon Gubernur Jabar. Bahkan stiker Iwan Bule dengan latar Gedung Sate Bandung beredar di Bandung.

Beredar stiker Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar). NasDem menyambut positif nama Iwan Bule dalam kontestasi Pilkada serentak 2024.

Iwan Bule blak-blakan soal kabar tersebut. Menurut dia, saat ini dirinya tengah fokus menyelesaikan tugasnya sebagai Ketua Umum PSSI. "Belum lah, belum saatnya. Saya lagi ngurus bola," jelas Iwan saat dihubungi merdeka.com, Selasa (28/6/2022).

Terlebih, soal Pilgub Jawa Barat, dia melihat masih banyak politikus muda yang lebih berpeluang maju. Menurut dia, saat ini belum kepikiran untuk maju sebagai Cagub Jabar. "Ada yang lebih muda, banyak tuh yang muda-muda, ada Arya Bima, Dede Yusuf. Saya belum kepikiran. Masih fokus bola," tegas Iwan.

Dia mengatakan, saat ini PSSI tengah mempersiapkan sejumlah kompetisi dunia. Ada Piala Asia, Piala Dunia dan AFF. "Gimana kita akan menghadapi 4 negara yang bagus, Qatar, Jepang, Korea. Kita sedang cari jalan gimana bikin masyarakat Indonesia bangga, Belum lagi kita pikirkan (Timnas) U- 19, Piala Dunia, banyak," kata Iwan.

Saat ini yang dia pikirkan bagaimana Timnas Indonesia bisa memenangkan piala bergengsi di Asia maupun dunia. Hal ini tentu saja akan membuat masyarakat Indonesia bangga.

Iwan mengakui, ketika berada di Bandung selalu orang ribut mendorong untuk maju sebagai Cagub Jabar. Dia selalu menegaskan, masih fokus di PSSI. "Mereka kan ribut, saya tahu, kalau ke Bandung ribut. Kang Iwan cocok karena pernah jadi Penjabat gubernur, kapolda. Kalau dibilang cocok ya bisa-bisa saja orang ngomong. Tapi banyak yang lain. Jawab saya, masih fokus di bola," jelas mantan Kapolda Metro Jaya ini.***