PANGKALAN KERINCI - Kabupaten Pelalawan merupakan daerah penyumbang terbesar darah di Provinsi Riau. Daerah ini paling rutin mendonorkan darahnya.

Hal ini disampaikan oleh Ketua PMI Provinsi Riau, Syahril Abu Bakar saat memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus PMI Kabupaten Pelalawan dan kecamatan bertempat di gedung daerah Laksmana Mangkudiraja, Senin (22/10/2018).

Dikatakannya, Pelalawan adalah penyumbang terbesar donor darah di Provinsi Riau. "Ini yang selalu ditunggu-tunggu, Pelalawan ini penyumbang darah paling rutin," ucapnya

Tidak hanya itu, dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau, Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu daerah yang telah memiliki Unit Transfusi Darah (UTD) sendiri.

"Dari 12 kabupaten kota, lima sudah mempunyai UTD sendiri salah satunya Kabupaten Pelalawan," beber Syahril.

Ia berharap, kedepan donor darah diharapkan bisa menjadi gaya hidup bagi masyarakat di Riau. "Mudah-mudahan, kedepan sudah bisa menjadi gaya hidup untuk menyumbangkan donor darah," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, juga diberikan penghargaan kepada para pendonor darah yang telah melakukan donor darah sebanyak 50 kali, 20 kali dan 10 kali.

Penghargaan 50 kali mendonor diraih oleh Burhanuddin dan Subagio.

Penghargaan 25 kali mendonor diraih oleh Samsul Anwar, Maraden Sijabat, Markus Islamianto, Ahmad Syai dan Poltak Manurung. Penghargaan mendonor 10 kali diperoleh Jalaluddin dan Marlina. ***