PEKANBARU - Masih suasana Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani, MS, S.Ip minta media untuk terus membangun kritik konstruktif yang dibutuhkan untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah.

"Di era digitalisasi saat ini, arus informasi sangat cepat, terutama hadirnya media elektronik dan online tambah lagi media sosial, masyarakat dengan mudah dan cepat mendapat informasi apapun yang berkembang," ujarnya disampaikan Senin (15/2/2021) di gedung DPRD Pekanbaru.

Menurutnya dengan kemudahan ini, hadirnya pemberitaan porporsional dan melihat suatu persoalan dengan profesional dalam sebuah pemberitaan serta adanya kritik konstruktif, masyarakat akan mendapat pencerahan.

Untuk mendorong kemajuan pembangunan membutuhkan informasi yang akurat, informasi yang utuh, ada masalah ditawarkan solusi (problem solving), sehingga masyarakat dapat memahami sejauh. "Di sinilah peran penting media massa dalam mengawal pembangunan untuk kemajuan daerah," katanya.

Ditambahkan, DPRD Pekanbaru sendiri juga tidak anti kritik, namun sampaikanlah secara proporsional, profesional atau secara berimbang dan sampaikan dengan kebenaran.

"DPRD lembaga masyarakat, silahkan memberikan masukan dan saran, dan kita bangun dengan aura positif, sehingga informasi-informasi positif ini bisa memotivasi warga Pekanbaru untuk saling berperan dalam mengisi pembangunan," papar politisi PKS ini.

Kemudian sambung Hamdani, media perlu terus menjaga independensi dan tidak melakukan pembunuhan karakter. ***