JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung penuh ajang Expo Indonesia En Mexico (EIM) yang akan digelar September 2020, dengan mengundang 10 provinsi pilihan, untuk menampilkan berbagai kegiatan promosi yang mencakup Trade, Tourism, Investment and Culture.

Dukungan itu disampaikan langsung kepada Duta Besar LBBP RI untuk Mexico Cheppy T. Wartono, yang berkunjung ke DPD RI, Senin (20/1/2020). "DPD RI akan membantu dengan menyampaikan juga ke beberapa Kepala Daerah pentingnya agenda Expo di Mexico ini. Mengingat kami akhir tahun lalu, sempat berkunjung ke sana dan melihat sendiri besarnya potensi dan peluang yang bisa dimanfaatkan Indonesia," tandas LaNyalla.

Diungkapkan LaNyalla, tahun lalu, necara perdagangan Indonesia-Mexico mencapai 1,19 milyar dolar AS. Dengan rincian ekspor Indonesia tercatat sebesar USD 905,35 juta, sedangkan impor sebesar USD 287,32 juta. "Ini masih bisa ditingkatkan lagi, mengingat Mexico menduduki peringkat 6 dunia sebagai tujuan wisata. Sehingga produk-produk dari Indonesia seharusnya bisa juga terjual di sana. Atau destinasi wisata kita bisa dikenalkan di sana," ujarnya.

Ditambahkan Dubes Cheppy, Mexico adalah pasar yang potensial dengan jumlah penduduk 140 juta dan ditopang GDP per kapita mendekati 10.000 USD. Negara ini juga termasuk dalam negara G-20. “Dan yang lebih penting lagi, Mexico bisa dijadikan sebagai hub untuk mendistribusikan produk-produk dari Indonesia ke negara-negara Amerika Latin,” ungkap Cheppy.

Expo Indonesia En Mexico September 2020 selama liha hari itu, Selain diisi oleh both untuk Indonesia, juga diikuti oleh 5 negara bagian di Mexico. Dengan target pengunjung sebanyak 10 ribu orang. “Kami berharap setiap provinsi bisa mengikutsertakan pebisnis di wilayahnya untuk terlibat menawarkan produk di ajang B to B yang kami siapkan,” pungkas Cheppy.***