BEKASI - Kapten Tim Nasional Indonesia U-16, Marcell Januar Putra mengaku senang bisa berlatih bersama rekan-rekannya kembali melakoni pemusatan latihan pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat mulai Senin (6/7/2020) ini. Praktis kerinduan mereka untuk bersama lagi sudah terobati. 

Tim asuhan pelatih Bima Sakti ini menjalani TC di Bekasi hingga 29 Juli 2020 mendatang dan diikuti 26 pemain. Marcell Januar dan kawan-kawan disiapkan mengikuti Piala AFC U-16 2020 yang akan berlangsung 25 November hingga 12 Desember mendatang di Bahrain.

"Bersyukur setelah hampir empat bulan hanya berlatih lewat virtual sekarang berlatih bersama-sama lagi di lapangan. Kondisi kami saat ini sehat dan enjoy mengikuti latihan perdana tadi," kata Marcell Januar.

Pemain asal Bali United ini menambahkan bahwa sekarang ia dan rekan-rekannya dalam proses adaptasi berlatih di lapangan. Apalagi saat ini melalui arahan Ketua Umum PSSI, TC Timnas U-16 berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

"Saya rasa tidak masalah dengan protokol kesehatan seperti ini, karena demi kesehatan bersama. Penting bagi kami juga untuk menjaga kesehatan dan kondisi disaat situasi pandemi Covid-19 saat ini," tambah pemain kelahiran Gresik tersebut.

Marcell Januar yang berposisi sebagai pemain belakang tersebut mengatakan bahwa ia siap berlatih secara maksimal dan berjuang keras demi asa bermain di Piala AFC U-16 2020 mendatang.

"Kami akui harus meningkatkan lagi kondisi dan performa kita semua. Pelatih tadi memberikan materi pengingat kembali menu latihan seperti transisi menyerang ke bertahan begitu juga sebaliknya," jelas pemain kelahiran 2004 tersebut.

Pada ajang Piala AFC U-16 2020, Indonesia berada berada di grup D bersama Arab Saudi, Tiongkok, dan Jepang. Empat tim semi final ajang ini akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut. ***