BENGKALISBupati Bengkalis diwakili Kepala Bappeda Yuhelmi, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2019 untuk menyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020 di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Musrenbangnas tahun ini mengusung tema ''Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas'' dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan sejumlah Menteri Kabinet KerjaDalam acara tersebut Presiden Jokowi memberikan pengarahan kepada jajaran pimpinan Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah daerah Gubernur, walikota, dan bupati) seluruh Indonesia tentang rancangan awal rencana kerja pemerintah (RKP) Tahun 2020.

Salah satu pengarahannya, Jokowi optimistis Indonesia mampu masuk dalam jajaran lima besar ekonomi terbesar dunia, Hal ini sesuai visi Indonesia tahun 2045 dimana ia menginginkan agar Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

"Kita memiliki peluang besar untuk menjadi negara ekonomi terkuat kelima di dunia, dan bisa masuk empat besar ekonomi terbesar di dunia. Oleh karena itu Presiden meminta dukungan dari pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama berkerja keras mewujudkan hal tersebut,'' jelasnya.

Kepala Bappeda Bengkalis, Yuhelmi didampingi Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi M. Firdaus dan Kabid Sosial Budaya Juminanin Hartatik mengatakan, Musrenbangnas ini menjadi ajang bagi semua daerah untuk menerima arahan langsung dari Presiden bagaimana pembangunan Indonesia kedepannya.

''Sinkronisasi dan harmonisasi kebijakan pembangunan dari pemerintah pusat sampai ke daerah sangat perlu dilakukan,'' ungkap Yuhelmi.

''Ini peluang sekaligus tantangan bagi kita Kabupaten Bengkalis untuk mendukung program presiden yang ingin menjadikan Indonesia masuk lima besar ekonomi terkuat di dunia. Apalagi melihat posisi Kabupaten Bengkalis yang strategis berada di perbatasan negara dan jalur laut pelayaran internasional Selat Malaka,'' imbuhnya.***