JAKARTA - Dalam iven apapun, tujuan pengunjung pasti tak jauh-jauh dari kuliner. Demikian juga saat "Kenduri Melayu Riau" digelar di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah, Kamis (20/4/2017).

Acara yang digelar seharian penuh itu, menampilkan beberapa kesenian, kebudayaan dan orasi budaya dari sejumlah tokoh masyarakat Riau.

Dan yang tak kalah seru adalah acara pembukaan stand kuliner. Dimana pihak penyelenggara menyediakan kuliner khas Riau yang langsung diserbu para pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman, melalui Kepala UPT Anjungan Riau Cecep Iskandar mengatakan, pihaknya selain menyuguhkan Galamai dari Kuansing, juga menyediakan berbagai penganan yang berbahan sagu khas dari Kepulauan Meranti.

"Banyak ragam kuliner yang kita sediakan, salah satunya adalah Mie sagu, Sempolet, Lontong Sagu dan Roti Jala," ujar Cecep Iskandar kepada GoNews.co, disela-sela acara.

Namun kata dia, dari semua kuliner yang disajikan, ternyata yang laris manis adalah penganan yang berbahan dari sagu.

"Pengunjung berlatar belakang dari semua daerah. Jadi kuliner yang sama dengan daerah lain memang kurang diminati. Tapi yang berbahan sagu, Alhamdulillah sekitar setengah jam sudah ludes," ujarnya.

Dari pantauan GoNews.co, memang masyarakat dan pengunjung sangat antusias, bahkan petugas yang menjaga stand akhirnya pasrah, saat pengunjung berebut mengambil makanan sendiri-sendiri.

Dengan antusias masyarakat terhadap penganan dari Mie Sagu ini, Cecep berharap, kuliner Riau cepat terkenal dan masuk daftar kuliner nasional. ***