JAKARTA - Penumpang arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan banyak yang pingsan karena kelelahan dan dehidrasi. Mereka kelelahan mengantre lama masuk ke kapal di dermaga pelabuhan penyeberangan di H+3, Minggu (9/6).

Penumpang arus balik yang pingsan itu segera dievakuasi ke Posko KKP Kelas 2 Panjang di Pelabuhan Bakauheni untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kepadatan penumpang arus balik kendaraan roda dua menumpuk di Pelabuhan Bakauheni Lampung, seperti di kantong parkir dermaga 1, 2, 3, 5, 6 dan Dermaga 7.

Sejumlah pemudik arus balik pingsan karena menunggu antre masuk kapal hingga berjam-jam. Petugas langsung memberikan pertolongan pertama kepada korban dan mengevakuasinya ke posko kesehatan guna mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Penumpang arus balik yang menggunakan kendaraan roda dua pingsan akibat kepanasan dan kelelahan. sedangkan penumpang pejalan kaki lelah karena mengantre dan berdesakan saat antre masuk kapal.

Menurut petugas Posko KKP Kelas 2 Panjang, Bangkit, kepada Antara, hingga pukul 14.00 WIB terdapat 13 orang penumpang pingsan, rata-rata mengalami kelelahan akibat mengantre yang terlalu lama sehingga memicu gangguan kesehatan seperti dehidrasi dan gangguan pencernaan.

Puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni diperkirakan terjadi pada Minggu atau H+3 Lebaran 2019. Seperti diberitakan Antara.***