BANGKINANG - Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 di Kejaksaan Negeri Kampar tahun ini lebih ramai dari peringatan tahun sebelumnya. Berbagai kegiatan digelar dalam beberapa hari terakhir. Puncaknya, hari ini, Senin (22/7/2019) digelar upacara dan syukuran serta beberapa kegiatan lain.

Kepala Kejari Kampar Dwi Antoro, SH, MH kepada wartawan disela-sela kegiatan Kejari Kampar, Senin (22/7/2019) mengatakan, upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 di Kejari Kampar diikuti Plh Bupati Kampar H Yusri, forkopimda Kampar, kepala OPD dilingkungan Pemkab Kampar, pengurus organisasi dan lainnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan pakta integritas pembangunan zona integritas wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) oleh Plh Bupati, Forkopimda hingga kalanga advokat.

Pembangunan kedua zona ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada publik khususnya kepada para pencari keadilan di wilayah hukum Kabupaten Kampar.

Dwi menambahkan, rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 di Kejari Kampar diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan sosial diantaranya donor darah yang dilaksanakan di kantor Kejari Kampar. Para pendonor adalah pegawai dan jaksa di Kejari Kampar serta warga sekitar dan pasar murah dengan menjual sembako ke warga sekitar kantor Kejari dengan harga jauh lebih murah.

Selanjutnya Selasa (16/7/2019) lalu Kejari Kampar juga mengunjungi panti asuhan putra dan putri dan Muhammadiyah dan mengunjungi para pegawai kejaksaan yang sudah purna kejaksaan, dengan membawa buah dan bingkisan.

Jumat (19/7/2019) diadakan lomba senam Maumere dan menghias kue dan Sabtu (20/7/2019) rangkaian kegiatan dilanjutkan di kantor Kejati Riau di Pekanbaru. Diantara kegiatannga jalan sehat, olahraga bola voli, tarik tambang, dan berbagai permainan tradisional. Kegiatan ini diikuti Kejari Kampar, Pelalawan, Pekanbaru dan Kejati Riau.

Sehari berikutnya, Ahad (21/7/2019) dilaksanakan ziarah ke Makam Pahlawan di Bangkinang dan syukuran hati ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yang ke-29.

"Pada hari ini kegiatan puncaknya. Hari ini juga dilaksanakan pemusnahan bb, narkotika, senjata api, telepon genggam dan mesin cuci dingdong," ucap Dwi.

Dari pantauan, pemusnahan beberapa barang bukti tindak kejahatan mendapat perhatian dari undangan dan insan pers. Salah satu adalah pemusnahan senjata api yang digunakan perampok dan pemusnahan barang bukti mesin judi dingdong dengan menggunakan eksavator mini. Pemusnahan ini menggunakan tenaga dari Detasemen Peralatan pada Korem 031 Wira Bima Pekanbaru.

Lebih lanjut Dwi Antoro mengungkapkan, berkaitan pelayanan kepada masyarakat, Kejari Kampar tahun ini telah memberikan pelayanan izin besuk online, pelayanan pembayaran denda tilang online.

"Ini dalam rangka peningkatan pelayanan ke masyarakat khususnya pencari keadilan masyarakat," bebernya.

Kemudian upaya pencegahan korupsi juga telah dilakukan seperti Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), program Jaksa Menyapa berupa sosialiasi di RRI, jaksa masuk sekolah untuk mensosialiasikan upaya pencegahan korupsi sejak dini. Kemudian progran Jaksa Garda Desa atau disebut Jaga Desa. "Kita terus menjalankan fungsi pendampingan dalam mencapai target pembangunan di desa supaya dana desa tak ada penyimpangan," ulasnya. ***