PEKANBARU - Disela-sela kesibukannya dalam persiapan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di wilayah hukum Provinsi Riau, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyempatkan diri melihat kondisi rakyat Indonesia yang terkena musibah banjir di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Selasa (17/12/2019).

Irjen Pol Agung pun rela basah-basahan untuk bisa sampai ke lokasi banjir di Kecamatan Cerenti, Inuman, dan Pangean di Kuansing. Tanpa mengenakan sepatu boot karet, celana panjang yang dikenakan Irjen Pol Agung basah hingga bagian lutut.

"Ini bukti negara hadir untuk rakyatnya," kata Irjen Pol Agung kepada GoRiau.com, usai kunjungannya ke Kuansing bersama Gubermur Riau Syamsuar dan Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI M Fadjar.

Irjen Pol Agung, selain melihat kondisi warga yang terdampak banjir, juga menyambangi rumah-rumah warga sambil menyapa dan memberikan semangat. Jenderal bintang dua ini juga menghibur anak-anak SDN 017 Pagean dan mengendong salah seorang anak SD yang ada.

"Warga yang terkena dampak banjir tidak perlu khawatir tentang rasa aman. Sebab meskippun kondisi banjir anggotanya tetap melaksanakan patroli. Jadi warga tidak perlu was-was terhadap gangguan tindak pencurian atau kejahatan kriminal lainnya," ungkap Irjen Pol Agung.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Riau bersama rombongan sempat menyambangi beberapa sekolah di Pangean, yang melakukan proses belajar mengajar dengan kondisi sisa genangan banjir.

"Kita berharap seluruh komponen bisa saling bahu-membahu, dan meningkatkan koordinasi. Agar warga korban banjir bisa mendapatkan pelayanan secara optimal dan tidak menyebabkan kerugian lebih banyak, apalagi menimbulkan masalah baru" jelas Irjen Pol Agung.

Kedatangan Kapolda Riau dan rombongan forkompinda, mendapat sambutan warga dan anak-anak terlihat bercanda tawa dengan para pemimpin daerah itu.

"Alhamdulillah para petinggi kita, melihat langsung kondisi yang kita hadapi," ujar Ison warga Pangean disela peninjauan. ***