DURI - Kehadiran pondok modern atau pondok pesantren memiliki peran strategis untuk mengantar generasi muda islam menjadi sosok yang kaya. Maksudnya kaya dan menguasai ilmu pengetahuan, baik itu bidang agama maupun umum, sehingga kelak menjadi generasi Islam yang dapat dihandalkan dalam segala aspek kehidupan.

Demikian dikatakan Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat acara penutupan helat seperempat abad Pondok Modern Al Jauhar yang juga dihadiri Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

"Ponpes harus memberikan pelajaran ilmu dasar-dasar ekonomi dan tekhnologi informasi. Ini dilakukan agar para santri siap menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA). Selain perannya melakukan pembinaan dan pembelajaraan ilmu nilai-nilai Islami Pondok Modern Al Jauhar juga dituntut fokus pada ilmu umum seperti ekonomi, networking dan informasi teknologi," kata Bupati kepada GoRiau.com (GoNews Grup).

Ditambahlagi saat ini telah menghadapi era globalisasi dan pemberlakukan kebijakan masyarakat ekonomi Asean (MEA). Untuk itu, santi harus berkomitmen tinggi dan berwawasan luas supaya tidak laksana buih dalam hempasan ombak. Sebab kumpulan buih ditengah lautan luas sangat rentan terpecah, bila dipengaruhi gelombang besar.

"Jangan sampai generasi muda Islam di daerah ini sangat rentan oleh pengaruh-pengaruh negatif dari luar. Ini tantangan sendiri bagi santri menghadapi kemerosotan moral. Santri harus tetap memegang teguh nilai-nilai Islam," tuturnya lagi.

Keputusan anak-anak untuk memilih pendidikan di Pondok ini sangat tepat, dimana tantangan arus global dan informasi memberikan dampak sangat besar bagi pengaruh sosial, seperti pergaulan bebas, kenakalan remaja serta pengaruh narkoba dan minuman keras.

Bupati Bengkalis juga mengapresiasi prestasi Pondok Al Jauhar yang sudah mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis, seperti juara umum Pramuka penegak tingkat Provinsi Riau, juara umum kontingen Silat pada kejuaraan silat se Provinsi Riau, juara umum penggalang Putra dan Putri tingkat Provinsi Riau dan lain-lainnya. *** #Klik di Sini Baca Berita BENGKALIS