JAKARTA – Pesawat latih berjenis Cessna 182 nyungsep di jalan raya setelah mendarat darurat, di Orange County, Orlando, Amerika Serikat, pada 20 Agustus 2022 lalu.

Dikutip dari sindonews.com, pilot yang menerbangkan pesawat kecil ini, Remy Colin, memutuskan melakukan pendaratan darurat karena pesawat kehabisan bahan bakar minyak (bbm) atau avtur saat tengah mengudara.

Remy membawa pesawat Cessna itu untuk terbang jarak pendek setelah menjalani pemeriksaan rutin tahunan.

Namun, pilot berusia 40 tahun itu tidak mengecek ketersediaan bahan bakar di pesawat yang diterbangkannya. Alat komunikasi radio di pesawat itu ternyata juga mengalami kerusakan.

Remy sudah terlambat untuk menyadari hal itu. Akibatnya, dia memilih untuk melakukan pendaratan darurat di jalan raya. Dia telah memutuskan lebih baik mengorbankan pesawatnya dari pada menyakiti orang lain.

Colin akhirnya berhasil mendaratkan pesawat Cessna yang diterbangkannya itu. Posisi pesawatnya pun cukup unik, nyungsep atau dengan posisi hidung lebih menukik dibandingkan dengan ekornya.

Remy hanya menderita luka-luka ringan akibat insiden tersebut. Sementara itu dilaporkan tidak ada korban yang jatuh dari masyarakat setempat akibat insiden ini.

Pihak kepolisian Orange County langsung menutup jalanan yang menjadi lokasi kejadian jatuhnya pesawat itu. Mereka juga mengimbau agar pengendara mobil yang melintas tetap berhati-hati ketika mengemudikan kendaraannya.

Ini bukan insiden pertama yang terjadi di AS. Awal bulan ini, pesawat bermesin tunggal dengan satu orang penumpang, mendarat dengan keras di jalan bebas hambatan California setelah mengalami kerusakan mesin. Beruntung sang pilot dan penumpangnya berhasil selamat.***