PEKANBARU – Kebakaran hutan di Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau terus meluas. Saat ini sudah mencapai 60 hektare lebih, namun permintaan bantuan waterbombing belum tiba.

Demikian diungkapkan Kepala BPBD Rohul Zuljandri Rosa. Hingga Senin (11/7/2022), kebakaran di kawasan Hutan Penggunaan Terbatas, di Kecamatan Rambah Samo masih terjadi.

“Tadi pagi sudah mulai padam, namun masih ada yang berasap. Tercatat sudah 60 hektare lebih yang terbakar. Siang ini karena cuaca panas, dan angin kencang timbul lagi beberapa titik api FS yang baru,” kaya Zuljandri kepada GoRiau, Senin siang.

Zuljandri menyebutkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Satgas Udara di Pekanbaru, untuk meminta bantuan waterbombing, namun hingga saat ini belum ada pengerahan waterbombing ke lokasi.

“Kita masih menunggu waterbombing dari Rohil, satgas masih melakukan koordinasi dengan operator,” tutup Zuljandri.

Diketahui, kebakaran lahan mineral itu sudah terjadi sejak Sabtu (9/7/2022) petang. Kebakaran itu terpantau melalui Aplikasi Lancang Kuning Sumber NASA  Satelit NOAA 20.

Tim Gabungan, Polri, BPBD, dan TNI sudah melakukan upaya pemadaman secara manual, menggunakan ranting pohon karna sumber air tidak ada dan lahan posisi bukit dan jurang sangat sulit di lalui.

Permintaan Waterbombing juga sudah dilakukan, namun hingga siang ini bantuan waterbombing belum juga sampai di lokasi kebakaran. ***