MEDAN-Guna memantau stok, harga bahan pangan, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah pasar.

Pada Sidak yang dilakukan di Pusat Pasar Medan, Pasar Petisah, serta Pasar Buah Brastagi Tiara, Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH didampingi langsung oleh Wakapolda Sumut, Brigjen Pol H Mardiaz Kusin Dwihananto SH MHum dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sumut, Walikota Medan dan jajaran.

Tidak ketinggalan, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi bersama jajarannya.

Dari hasil sidak yang dilakukan tersebut, Agus mengaku bahwasanya sejauh ini untuk harga bahan pokok masih relatif stabil.

Kenaikan harga, kata dia, hanya ditemukan pada komoditi cabai saja, yakni dari harga Rp 26.000 menjadi Rp 40.000/kg. “Kemungkinan karena dua minggu terkahir musim hujan. Tapi nanti akan kita cari tahu, apakah memang benar karena hujan, atau rada hal-hal yang lain. Itu nanti kita telusuri,” ujar Kapolda Sumut menjawab wartawan Selasa, (9/10/2018).

Kemudian, lanjut dijelaskan mantan Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Mabes Polri ini, dari Sidak yang dilakukan, untuk ketersediaan bahan pangan juga diketahui bahwasanya stoknya juga masih stabil.

Bahkan, ketersediaannya diprediksi cukup hingga 3 bulan kedepan. “Hari ini, malah untuk cadangan beras tersedia sampai 100 ribu kilogram,” jelas Irjen Pol Agus.

Kendati demikian, Alumnus Akpol Tahun 1989 ini menegaskan kepada para pedagang agar selalu mempedomani Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah dalam usahanya.

Begitu juga kepada masyarakat agar saat berbelanja, supaya senantiasa mengecek HET itu di Kedai Kita. “Kemudian kita juga mengimbau jangan lagi ada menimbun bahan pokok. Karena kalau tidak mau (mendengarkan), tentu akan kita tindak,” tegasnya.

Masih Sesuai Ketentuan

Untuk di Pasar Buah Brastagi, Agus menyebutkan, jika pihaknya juga tidak menemukan adanya pelanggaran apapun.

Demikian halnya dengan masa daluarsa produk yang ada, juga masih sesuai ketentuan. “Dalam sidak ini kita juga mendapatkan beberapa masukan dari pedagang. Seperti adanya pasar ikan yang berjualan tidak pada tempatnya maupun aktifitas kejahatan jalanan. Ini nanti yang akan kita tertibkan,” sebutnya.

Hal senada juga disampaikan Walikota Medan T Dzulmi Eldin mengatakan, jika pemerintah juga akan melakukan pemantauan. Sehingga Tim Ketahanan Pangan yang ada tetap bisa tetap mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok. “Seperti yang disampaikan Kapolda, sudah ditemukan solusinya. Pemerintah juga akan terus melakukan pemantauan,” tandasnya.