PEKANBARU - Kapolda Irjen Zulkarnain dan sejumlah pejabat Polda Riau, Senin (6/3/2017) pukul 09.30 WIB, bergerak dari Pekanbaru menuju perbatasan Riau-Sumbar yang dilanda bencana banjir dan longsor.

Ikut dalam rombongan ini antara lain Direktur Lalu Lintas, Kasatbrimob, Direktur Sabhara dan Kabid Humas Polda Riau. Kedatangan Kapolda Riau Irjen Zulkarnain rencananya juga sekaligus meninjau waduk PLTA Koto Panjang.

Pantauan GoRiau.com (GoNews Grup), ada beberapa kendaraan beriringan. Kapolda menempuh jalur darat, sekaligus melihat kondisi terkini akses jalan yang menghubungkan dua daerah tersebut (Riau-Sumbar via Kabupaten Kampar).

Direktur Lalu Lintas, Kombes Tulus Ikhlas Pamoji yang sempat melakukan tinjauan langsung ke sana, Minggu kemarin mengatakan, akses jalan belum bisa dilewati lantaran jalan amblas. Sedangkan untuk reruntuhan longsor sudah dibersihkan sebagian.

"Yang jalan amblas sebagian dilakukan penimbunan, dan sebagian lainnya rencananya didirikan jembatan darurat sementara waktu. Ada beberapa titik jalan amblas, untuk wilayah Riau tidak begitu parah, yang parah arah ke Sumbar," sebut dia.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PU untuk mempercepat pengerjaan perbaikan. Hal serupa juga dilakukan pemerintah Sumbar di wilayahnya yang terkena dampak langsung bencana banjir dan longsor.

Menurut rencana, kata dia, Kapolda Riau Irjen Zulkarnain juga akan melihat lokasi jalan yang terkena longsoran dan jalan amblas di perbatasan ini. Sampai Senin ini, pihaknya masih memberlakukan pengalihan arus melalui Kiliranjao-Kuansing. ***