KAMPAR – Kabupaten Kampar gagal meraih juara umum pada helat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XL Riau di Bagansiapiapi, Rokan Hilir (Rohil), hanya menempati posisi keempat.

Prestasi terbaik yang diperoleh kafilah Kampar berasal dari cabang tilawah dewasa dipersembahkan oleh Hamdani Rosyidi, Tahfiz 10 Juz oleh Hanif Makarim, Tahfiz 30 Juz Andika Prayoga dan Syarhil Qur'an yang di Persembahkan oleh Khairunnisa Fadila, Nur Alja Zera dan Lili Rahmawati. 

Asisten Pemerintah Setda Kampar Ahmad Yuzar mewakili Penjabat Bupati Kampar menyampaikan Kampar belum dapat mempertahankan juara umum, namun penampilan peserta kafilah Kampar sudah maksimal, penilaian diserahkan kepada dewan hakim. 

"Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kampar mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh peserta, official dan pelatih yang telah mengabdikan sebagai kafilah Kabupaten Kampar," ujarnya, Sabtu (30/7/2022).

Dari kafilah Kampar perolehan juara I sebanyak 4 peserta, juara II sebanyak 3 peserta dan juara III sebanyak 5 peserta dengan total poin berjumlah 34. Sementara untuk bazar dan pawai ta'aruf Kampar memperoleh peringkat harapan II.

Prestasi Juara Umum diraih oleh Kabupaten Rokan Hilir dengan prestasi juara I sebanyak 12 peserta , juara II sebanyak 10 peserta dan juara III sebanyak 5 peserta disusul Kota Pekanbaru sebagai terbaik kedua dan Kabupaten Bengkalis sebagai Kabupaten terbaik ketiga. 

Pada penutupan MTQ ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar dihadiri Kepala Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyuddin, Bupati dan Walikota se-Provinsi Riau, Kepala LPTQ Riau dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Kepala Kemenag dan Ketua LPTQ Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau. 

Wakil Gubernur menyerahkan piala juara umum kepada kafilah Kabupaten Rokan Hilir. Pada MTQ kali ini diikuti 581 orang peserta dari 12 Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau dengan 11 cabang perlombaan, Kampar mengikuti sebanyak 53 peserta.***