PEKANBARU - Ratusan massa yang tergabung dalam Koalisi Aktivis Mahasiswa Indonesia (KAMI) Riau menggelar aksi unjukrasa mendukung pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang tengah berkembang saat ini, Sabtu (12/9/2020) sore.

Pantauan GoRiau di lapangan, tampak ratusan mahasiswa berkumpul di depan kantor Gubernur Riau, tepatnya di bundaran Tugu Zapin.

Disana para mahasiswa membentangkan spanduk yang berisikan agar pemerintah pusat maupun daerah terus fokus untuk menangani permasalahan pandemi Covid-19.

Selain itu, para mahasiswa juga menyampaikan, sebagai masyarakat Indonesia yang berbudi pekerti, seharusnya jangan hanya mengkritik dan mengeluh. Hendaknya juga memberikan dukungan kepada pemerintah dan bersama-sama berjuang untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

Dalam spanduk yang dibentang para mahasiswa, terlihat ada lima pernyataan sikap yang berbunyi:
1. KAMI mendukung pemerintah pusat dan daerah untuk fokus kepada penanganan Covid-19.
2. KAMI mengutuk keras kepada kelompok-kelompok yang mencoba memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia.
3. KAMI mendukung pemerintah dalam upaya peningkatan kemandirian ekonomi yang berbasis kerakyatan.
4. KAMI menyatakan bahwa Indonesia saat ini masih dalam keadaan baik-baik saja.
5. KAMI mendukung pemerintah untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa.

"Yang pertama sekali, KAMI wilayah Kota Pekanbaru, mengajak komponen bangsa, terutama kaum milenial untuk bahu membahu menjaga kesatuan dan persatuan Republik Indonesia," ajak kordinator aksi, Husnul Jamil, kepada awak media.

Selanjutnya kata Husnul, aksi yang mereka lakukan dilatarbelakangi, adanya kelompok yang mencoba mengajak masyarakat untuk memberontak dan melawan pemerintah beberapa waktu lalu.

"Kami melihat, beberapa waktu lalu ada kelompok yang memprovokasi masyarakat untuk bergerak melawan pemerintah. Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk bersama-sama mendukung pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19 ini," tandas Husnul.

Terakhir kata Husnul, dukungan bisa dilakukan dengan tidak hanya mengkritik, maupun mengolok-olok program yang dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19. Salah satunya pemberian bantuan, sembako dan lain-lainya. ***