SELATPANJANG - Peningkatan Jalan Alai - Mekong di Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau, sudah sampai ke tahap penimbunan base. Hotmix direncanakan akan dituntaskan sebelum Idul Fitri 1438 H.

Kepastian itu disampaikan pihak rekanan melalui dua pengawas lapangan Rudi dan Eri ketika ditemui Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, Selasa (6/6/2017) siang. Waktu itu, Komisi II melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Desa Mekong.

Komisi II DPRD yang dihadiri langsung oleh Ketua Komisi Darwin Susandy SHum, anggota Dedi Putra SHI, Taufiek, Asmawi, Musdar Mustafa, dan E Miratna SH, meninjau peningkatan jalan dan berhenti di Dusun II Desa Mekong. Di sini, mereka bertemu dengan dua pengawas yang kebetulan hadir.

Saat bertemu, Legislator Kota Sagu melemparan beberapa pertanyaan ke pengawas lapangan.

Kata Rudi, rekanan akan menyelesaikan pekerjaan hotmix sepanjang 3.680 meter itu sebelum lebaran Idul Fitri 1438 H. Saat ini seluruh jalan yang akan dihotmix itu sudah dibase. "Yang kita base hanya 2.400 meter. Base kelas B dari Tanjungbalai dan kelas A dari Tanjungpinang," kata Rudi.

Ditambahkan Rudi, minggu ini, rekanan fokus kepada mobilisasi material (aspal) dan dilanjutkan dengan hotmix pada minggu berikutnya. "Kalau hotmix sepanjang 3 KM ini bisa tuntas dalam waktu seminggu," ujar Rudi memastikan Komisi II saat itu.

Secara umum, Legislator Kepulauan Meranti yang hadir saat itu memberikan apresiasi atas kinerja rekanan. Namun, mereka meminta pihak rekanan bisa konsisten dan menyelesaikan pekerjaan sebagaimana diharapkan masyarakat Desa Mekong.

"Yang penting selesai. Pekerjaannya bagus," harap legislator Komisi II DPRD Kepulauan Meranti.

Saat itu, ditanyakan juga apakah selama bekerja menemui kendala atau tidak. Pihak pengawas mengatakan sejauh ini tidak menemui kendala. Masyarakat pun sangat mendukung pembangunan. "Di sini aman, tidak ada yang mencuri batu," kata Rudi dan Eri.

Dalam beberapa kesempatan, Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi mengatakan bahwa pengerjaan peningkatan Jalan Alai - Mekong diminta selesai sebelum lebaran. Sebab, jalan itu merupakan penghubung antara beberapa desa dengan kota (Selatpanjang, red).

Apalagi, saat Puasa Ramadan hingga Lebaran Idul Fitri tingkat laluan masyarakat di Jalan Mekong - Alai ini sangat tinggi. Dengan adanya jalan bagus, akan membuat pengendara yang melintasi jalan merasa nyaman dan aman.

"Mari seluruh masyarakat dukung pembangunan. Sama-sama kita mengawasi dan menjaga," kata H Irwan. ***