JAKARTA - Sabtu, 19 Februari 2022, menjadi hari yang istimewa bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies mendapatkan kado istimewa dari Provinsi Riau, karena dianggap ikut menggembangkan budaya Melayu.

Penghargaan itu diberikan dalam Festival Tari Kreasi Nusantara, yang diprakarsai Zeeta Management bekerja sama dengan Jakarta Melayu Festival, di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Acara itu, disaksikan para pemangku adat Melayu juga para sultan dan masyarakat Melayu di Jakarta, Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution didaulat memasangkan Tanjak Riau ke Anies.

Sedianya, yang akan hadir di acara itu adalah Gubernur Riau Syamsuar. Namun, karena Syamsuar sedang menjalani isolasi mandiri, yang memakaikan Tanjak Riau ke Anies dilakukan Edy Natar.

Dalam pidatonya, Anies mengatakan bahwa Melayu memberikan hadiah yang luar biasa bagi bangsa, yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia akarnya adalah bahasa Melayu. "Bahasa inilah yang menyatukan seluruh elemen anak bangsa," kata Anies.

Geisz Chalifah, yang juga hadir dalam acara, mengatakan bahwa Anies bukan orang baru dalam mengembangkan budaya Melayu. "Bahkan, sejak awal Jakarta Melayu Festival diadakan di tahun 2012, Anies adalah salah satu inisiator yang ikut aktif dalam penyelenggaraan yang telah diadakan 9 tahun berturut-turut," ujarnya.

Acara Festival Tari Kreasi Nusantara berlangsung dua hari berturut-turut diikuti peserta dari 34 provinsi. Acara memperebutkan Piala Bergilir dari Gubernur DKI Jakarta dan Piala tetap dari Gubernur Riau.***