SIAK SRI INDRAPURA - Ternyata merubah jadwal Tour de Siak 2019 etape ketiga pagi hari menjadi kesalahan besar. Sebab kualitas udara yang diperkirakan pagi hari lebih baik dan aman untuk pebalap bertanding, salah besar. Ternyata udara pagi Sabtu (21/9/2019) sangat buruk dan pebalap balik arah.

Menurut informasi yang diperoleh GoRiau.com, pantia membatalkan etape ketiga ini karena kabut asap yang sangat tebal. Baru di kilometer 20 dari garis start, para pebalap sudah berbalik arah.

Ada yang kembali ke hotel dengan mendayung sepedanya dan ada juga yang dijemput official dengan mobil.

Race Director Tour de Siak 2019, Sondi Sampurno mengatakan membatalkan etape ketiga ini sudah menjadi keputusannya.

Dengan pertimbangan kabut asap yang sangat tebal, serta ada salah satu peserta dari luar negeri yang mengaku matanya sudah perih.

"Cuaca pagi ini diluar prediksi kita, melihat kemarin cuaca sangat baik di pagi hari, peserta dan penitia sepakat merubah jadwal menjadi pagi. Namun kenyataannya pagi ini kabut asap sangat tebal dan jarak pandang sangat pendek," kata Sondi Saat dikonfirmasi GoRiau.com.

Sondi memastikan etape ketiga dengan rute Siak - Dayun - Koto Gasib - Buatan - Siak yang sudah dipangkas menjadi 80 kilometer dibatalkan demi mengutamakan kesehatan peserta. Pastinya tidak ada pemenang maupun point yang diraih oleh peserta pada etape ketiga ini.

"Pertandingan akan kita lanjutkan lagi besok pada etape keempat dengan rute Siak Kota dengan delapan putaran tetap akan kita laksanakan. Tapi kembali melihat kondisi cuaca besok hari, kita berharap cuaca besok lebih baik dari hari ini," kata Sondi yang mengaku sudah berkordinasi dengan Bupati Siak, Alfedri. ***