DUMAI - Bencana kabut asap sangat mempengaruhi bagi dunia indutri, termasuk yang terjadi di wilayah Dumai. Bahkan ada sebagian industri yang lumpuh.

Hal itu dikatakan Ketua Kamar dan Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Riau, Juni Ardianto Rachman, Kamis (14/2/2019).

''Kalau pekerja menjadi sakit akibat kabut asap ini, tentunya pabrik ataupun perusahaan akan lumpuh," kata Juni Ardianto Rachman, Kamis (14/2/2019).

Tidak hanya terhadap aktivitas di perusahaan, transportasi untuk angkutan barang dalam menunjang kegiatan industri juga akan terganggu.

''Angkutan barang dapat terhenti, seperti kapal tidak bisa berlayar, pesawat tidak bisa mendarat akibat dampak kabut asap sendiri,'' katanya usai pelaksanaan pelantikan pengurus Kadin Kota Dumai periode 2018-2023.

Juni juga menjelaskan, selama beberapa tahun belakangan, kondisi udara di Riau sangat bagus sehingga tidak mengganggu kesehatan warga di Riau dan perusahaan dapat berjalan normal.

"Kita tidak ingin kabut asap seperti dulu terulang kembali yang dapat merusak kesehatan dan ekonomi masyarakat," katanya mengakhiri. 

Dalam beberapa hari ini, Kota Dumai diselimuti kabut asap yang diakibatkan terbakarnya hutan dan lahan dibeberapa titik di Kabupaten Bengakalis, Rohil serta kota Dumai sendiri. ***