SIAK SRI INDRAPURA - Di hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019, Nur Latifah, Siswi SMA Negeri 1 Siak mendapat penghargaan dari Bupati Siak Alfedri atas prestasinya sebagai juara 1 dalam lomba karya tulis se Kabupaten Siak tentang peduli lingkungan.

Dalam tulisannya, Nur Latifah mengangkat teman Solusi mengurangi penggunaan sampah plastik. Untuk mengurangi sampah plastik, di lingkungan sekolahnya saat ini para guru dan siswa dianjurkan membawa minuman kemasannya berbahan bukan dari plastik.

"Saya sangat prihatin dengan kondisi lingkungan di sekitar kita banyak terdapat sampah plastik, melalui karya tulis saya mengajak kepada semua teman pelajar. Mari kita mulai meninggalkan kemasan berbahan plastik,"katanya saat di temui usai apel hari sumpah pemuda, Senin (27/10/2019) di lapangan Tugu depan Istana Siak.

Nur Latifah juga mengatakan, saat ini pun pihak sekolah menghimbau kepada siswa agar mengurangi sampah plastik, dan membawa minuman yang tidak mengunajan bahan plastik sekali pakai, seperti botol.

"Kami menyambut baik komitmen pihak sekolah baik guru dan siswa di SMA 1 Siak tidak mengunakan kemasan baik makanan dan minuman berbahan plastik,"ungkapnya.

Karena bahaya sampah plastik jika dibuang ke laut dan sungai, plastik tidak akan terurai, bahkan jika di makan ikan di dalam perut ikan plastik juga tidak bisa terurai, pada akirnya ikan itu mati, penyebabnya akibat dari bahan kimia berbahanya yang dikeluarkan dari plastik.

Dirinya juga sangat setuju upaya Pemkab Siak mengurangi sampah plastik, dengan mengeluarkan peraturan bupati tentang pengunaan sampah plastik.

"Saya sangat setuju sekali upaya pemerintah daerah Siak dalam mengatasi masalah sampah plastik di Siak. Harapnya aturan ini dapat berjalan dan dalam jangka waktu tertentu, sampah plastik ini akan berkurang secara derastis dan masyarakat mulai mengetahi bahaya dari sampah plastik," ujarnya lagi.

Sementara itu Laela Septiani yang juga satu sekolah dengannya meraih juara harapan 1 pada lomba karya tulis tingkat SMA dengan judul gerakan pemuda Siak berkebun berkebun menuju kabupaten Lestari. ***