JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Jimly Assiddiqie berharap Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI berasal dari unsur DPD.

"DPD kita harapkan kompak apa lagi hanya dalam jarak waktu dua hari sudah ada pemilihan pimpinan MPR, sedangkan DPD itu fraksi terbesar di MPR, mestinya menentukan," kata Jimly di Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Pria yang juga dikenal ahli di bidang ketatanegaraan ini mengungkapkan, dijabatnya Ketua MPR RI oleh unsur DPD RI memang belum dibahas serius di DPD, "tapi pantas untuk dipertimbangkan,".

"Kali ini, ketua MPR itu sebaiknya dari DPD karena DPD paling banyak anggotanya. Dan yang kedua, non partai dan ketiga semua partai sudah dapat bagian," kata Jimly.

"Dan MPR sebaiknya jadi forum permusyawaratan betulan, jadi untuk memusyawarahkan semua masalah-masalah yang lagi rumit sekarang," ujarnya menambahkan.

Oleh karenanya, Jimly berharap DPD segera menetapkan siapa Ketua DPD RI periode 2019-2024, agar konsolidasi unsur DPD RI menuju kursi pimpinan MPR RI semakin kuat.***