DURI - Anjungan Tunai Mandiri (ATM) telah menjadi salah satu alat penting dalam hal transaksi keuangan. Masyarakat di perkotaan, khususnya di Duri Kecamatan Mandau, Bengkalis Riau lebih banyak yang menyimpan uangnya di bank-bank dan menggunakan ATM sewaktu diperlukan.

Baca Juga: Penipuan Modus Kartu ATM Tertelan Terjadi di Duri

Baca Juga: Kapolres Bengkalis Sarankan Korban Penipuan Modus ATM Tertelan Lapor Polisi

Bahkan mesin-mesin ATM banyak tersebar di pusat perbelanjaan, SPBU ataupun minimarket. Banyaknya ATM juga dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Telah banyak modus-modus yang dilakukan para penipu untuk mengelabui korbannya.

Kapolsek Mandau, Kompol Ricky Ricardo kembali mengingatkan masyarakat agar berhati-hati apabila menemukan sesuatu yang janggal di mesin ATM. Himbauan ini disampaikannya agar masyarakat mengurungkan niatnya mengambil uang di ATM yang bermasalah.

Dicontohkannya, untuk yang punya rekening MANDIRI. Kalau sewaktu ambil duit dan kemudian di mesin ATM ada stiker Call Mandiri dengan nomor telepon: 02122131000, sebaiknya cancel saja dan jangan tarik dulu uang di ATM itu. Coba cabut dahulu stiker itu.

"Mesin itu sudah diotak-atik, pasti ATM anda akan ketelan dan uang anda akan raib/hilang semua. Mohon disebarkan ke temen-teman yang lain. Itu sindikat baru yang sering terjadi di Kota-kota. Sudah banyak kejadian dengan modus tersebut. Dan penting diingat no CALL MANDIRI adalah 14000 tidak ada nomor seluler," kata Kampol Ricky kepada GoRiau.com (GoNews Grup), Rabu (14/12/2016).

Selanjutnya, nasabah bank juga disarankan melakukan transaksi ATM di tempat yang ramai orangnya, misalnya mini market, ataupun di pusat perbelanjaan. Sebab jika sesuatu terjadi ada orang lain yang menyaksikan.

"Jika terjadi sesuatu misalnya kartu ATM tertelan, jangan panik! Simpanlah nomor Call Bank yang resmi di dalam telepon genggam anda dan hubungi nomor itu. Ceritakan kronologisnya dan mintalah Bank memblokir rekening anda. Tetap waspada, karena kejahatan akan selalu mengincar mereka yang lengah," katanya. *** #BENGKALIS