TIDAK semua orang tertarik pada harta dan penampilan. Ada banyak orang memiliki orientasi hidup dan seksual yang berbeda, salah satunya tipe sapioseksual.

Orang dengan tipe sapioseksual memang sedikit berbeda dengan kebanyakan. Mereka memiliki gaya hidup dan cara pandang yang lebih mengutamakan kecerdasan ketimbang penampilan fisik. Bagi tipe sapioseksual, kecerdasan adalah hal yang paling menarik.

"Sapioseksualitas adalah orientasi seksual yang ditandai dengan ketertarikan seksual dan erotis kepada calon pasangan yang, pertama dan terutama, cerdas," kata terapis seks dan hubungan Casey Tanner, LCPC, kepada Mind Body Green.

"Dalam kasus ini, kecerdasan adalah 'penyemangat' sejati, bukan status, pekerjaan, atau keuntungan finansial yang mungkin menyertai kecerdasan,” tambahnya.

Lebih lanjut, seperti yang didefinisikan oleh Urban Dictionary, seorang sapioseksual adalah seseorang yang menemukan kecerdasan dan pikiran manusia sebagai fitur yang paling menarik secara seksual untuk suatu hubungan seksual potensial.

Asal muasal kata tersebut berasal dari istilah "sapiens", yang berarti bijak atau bijaksana, serta kata "seksual."

Namun, Kryss Shane, pekerja sosial berlisensi ganda dan pakar LGBTQ +, mengarisbawahi bahwa sapioseksualitas bukanlah orientasi, karena orientasi adalah tentang identitas gender pasangan atau calon pasangan.

"Seorang sapioseksual dapat mengidentifikasi dirinya sebagai gay, heteroseksual, biseksual, panseksual, atau greysexual. Sapioseksual adalah cara orang mengembangkan ketertarikan mereka pada seseorang. Ini adalah bagaimana, bukan siapa, dari pengalaman ketertarikan mereka," paparnya.

Berikut 10 ciri-ciri seorang sapioseksual menurut laman iheart Intelligence.

Menikmati percakapan yang mendalam

Bagi orang sapioseksual percakapan yang bermakna dan mendalam jauh lehih berarti ketimbang percakapan.

Jenis percakapan yang merangsang pikiran akan menginspirasinya. Hal ini membuat lawan bicara seorang sapioseksual akan menjadi sangat menarik di mata mereka.

Menghargai kecerdasan daripada penampilan fisik

Kecerdasan membuat orang dengan sapioseksual bersemangat. Tentu saja, hal pertama yang dilihat pada diri seseorang adalah penampilan fisiknya. Namun, orang dengan tipe ini akan menjadikan fokus utama pada kecerdasan seseorang.

Jika mereka kurang cerdas, orang dengan sapioseksual tidak akan menganggapnya serius, meski semenarik apa pun penampilannya.

Menghargai kecerdasan emosional

Mereka dengan sapioseksual akan sangat menghargai perjuanagn yang telah dilalui seseorang untuk mendapatkan tingkat kecerdasan emosional tertentu.

Biasanya mereka akan sangat tertarik dengan seseorang yang berpikiran luas dan bijak karena telah mengalami pengalaman pahit di kehidupannya.

Meluangkan waktu untuk mengenal orang lain

Sapioseksual akan mendapati seseorang lebih menarik seiring berjalan waktu, karena mereka telah mengenalnya, dan semakin jatuh cinta kepada kecerdasan mereka.

Ini lah mengapa sapiosekual akan meluangkan waktu mereka untuk mengenal orang lain.

Tata bahasa yang buruk atau kata-kata gaul terasa mengganggu

Sapioseksual biasanya akan menjaga jarak dari orang yang menggunakan tata bahasa buruk, seperti menambahkan huruf 'h' di akhir kata yang tidak memerlukannya contohnya “siapah.” Atau tidak menggunakan tanda tanya saat bertanya dalam berkirim pesan.

Jika bertemu seseorang yang secara tata bahasa baik dan benar dalam teks maupun percakapan tatap muka, mereka akan langsung tertarik padanya.

Tidak percaya pada cinta pada pandangan pertama

Sapioseksual menganggap cinta pada pandangan pertama hampir tidak mungkin, karena mereka tidak dapat membayangkan dirinya jatuh cinta pada seseorang hanya karena penampilannya.

Mereka harus benar-benar terkesan oleh pikiran seseorang sebelum dapat menangkap perasaan. Itulah yang memperlambat proses jatuh cinta pada sapioseksual.

Pemilih

Orang yang berada di sekitar sapioseksual biasanya akan menyebut mereka pemilih karena sulitnya menemukan pasangan, ini karena mereka harus benar-benar mengenal seseorang.

Ini hal yang biasa terjadi karena orang di sekitar mereka tidak mengerti dengan jalan pikiran sapioseksual.

Materi tidak membuatnya terkesan

Meskipun kebanyakan orang lebih menghargai uang dan harta daripada prinsip moral, sapioseksual justru sebaliknya.

Mereka tidak terlalu peduli dengan status keuangan seseorang. Melainkan, lebih tertarik pada investasi yang mereka buat untuk pikiran dan jiwa mereka.

Selalu mendambakan pengetahuan baru

Sapiosekual menginginkan apa pun yang meningkatkan kecerdasan dan memperluas wawasan.

Itulah mengapa mereka menyukai orang-orang yang terus-menerus meningkatkan pertumbuhan diri mereka, dan cukup berani untuk menyambut tantangan apa pun dalam perjalanan mereka.

Pendengar yang baik

Keterampilan mendengarkan sapiosekual luar biasa. Salah satu hal yang paling mereka nikmati adalah mendengarkan mimpi terliar seseorang dan pemikiran luar biasa tentang makna hidup.

Tidak hanya ini membantu mereka melihat berbagai sudut pandang, tetapi melihat seseorang dengan penuh semangat berbicara tentang topik yang menarik dan berpengetahuan, membuat sapiosekual sangat tertarik padanya. ***