PEKANBARU - National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Riau menggelar pemusatan latihan bagi atlet pemula. Pemusatan latihan ini sudah digelar sejak awal Januari 2021, dalam rangka menghadapi Pekan Paralympic National (Peparnas) di Provinsi Papua, pada November mendatang.

Ketua NPC Provinsi Riau, Jaya Kusuma mengatakan, atlet yang menjalani pemusatan latihan ini berasal dari cabang olahraga (Cabor) di berbagai kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

"Setidaknya ada 40 atlet pemula yang ikut pemusatan latihan ini. Mereka dari Cabor Etletik, Cabor Angkat Berat, Cabor Bulu Tangkis, Cabor Catur, Cabor Judo, Cabor Renang, Cabor Tenis Meja dan Cabor Panahan," ujarnya, Senin (15/2/2021).

Ia menjelaskan, dalam pemusatan latihan ini, pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan prasarana bagi atlet. Para atlet juga dipersiapkan mess atau tempat tinggal, khususnya yang datang dari luar Kota Pekanbaru.

"Ini juga kita lakukan dalam rangka seleksi atlet Peparnas ke depan," terangnya.

Jaya juga menerangkan, pemusatan latihan bagi atlet mencakup latihan fisik dan program spiritual. Program spiritual dilakukan untuk membina iman dan ketaqwaan atlet.

GoRiau Ketua NPC Provinsi Riau, Jaya
Ketua NPC Provinsi Riau, Jaya Kusuma.

"Bagi anggota atau pengurus NPC Riau yang beragama Islam, kita melakukan kegiatan imtaq membaca Yasinan yang dilakukan setiap minggu, yaitu malam Jumat di Musala NPC Riau," papar Jaya.

Sementara itu, Binpres NPC Provinsi Riau, Yuhendri mengatakan, atlet yang dibina sesuai cabang olahraga masing-masing. Dengan berbagai persiapan yang dilakukan sejak awal tahun ini, diharapkan dapat mempersiapkan atlet lebih maksimal.

GoRiau Kadispora Provinsi Riau, Boby
Kadispora Provinsi Riau, Boby Rachmat didampingi Ketua NPC Provinsi Riau, Jaya Kusuma dan Sekretaris, Abdulrahman.

"Diharapkan para atlet lebih siap dalam menghadapi seleksi menghadapi Pekan Paralympic National (Peparnas) di Papua yang direncanakan November mendatang serta event-event lainnya," pungkasnya. ***