PANGKALAN KERINCI -Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, optimis ketersediaan sapi potong dan hewan kurban lainnya jelang Hari Raya Idil Adha 1442 Hijriah cukup dan layak dikonsumsi.

Disbunnak telah meninjau ketersedian hewan kurban dengan perkiraan kebutuhan sebanyak 1.893 ekor sapi, kerbau dan kambing.

"Kita telah melakukan survei ke lapangan," kata Plt Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Disbunnak Kabupaten Pelalawan, Hery, kepada GoRiau.com, Senin (19/7/2021).

Survei dilakukan untuk mengecek langsung agen penjualan hewan kurban untuk memastikan kelayakan hewan kurban.

"Dicek mulai dari sisi kesehatanya, umur dan kondisi fisik apakah cacat atau tidak, serta memeriksa kelengkapan dokumen ternak yang diperjualbelikan," papar Hery.

Hasil pemantauan ke seluruh titik penjual ternak, kata dia, sejauh ini belum ada ditemukan adanya penyimpangan. "Untuk itu, hal ini akan dilakukan sampai pelaksanaan kurban," ujarnya.

Disampaikan Hery, hal itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat membeli hewan ternak yang sehat, terutama untuk hewan kurban, dimana ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi.

'Diantaranya ternak untuk sapi minimal berumur 2,5 tahun, sementara kambing berumur 1,2 tahun, sehat dan tidak mengalami cacat fisik," imbaunya.

Berdasarkan data yang dihimpun Disbunnak Kabupaten Pelalawan, estimasi hewan kurban yang akan dipotong pada Idul Adha tahun 2021, sapi 1.242 ekor, kerbau 100 ekor dan kambing 551 ekor. Total 1.893 ekor.***