KAMPAR - Seorang pria berinisial SB alias SO ditangkap Unit Reserse Kriminal Polsek Tambang di Kabupaten Kampar, Riau atas dugaan penipuan hingga korban mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Kasus ini berawal ketika korban bernama Abdul Jalil meminta dibantu untuk mengurus sertifikat tanah di wilayah Kabupaten Kampar.

"Modus SB alias SO adalah membantu korbannya untuk pengurusan sertifikat hak milik (SHM). Korban mengalami kerugian Rp100 juta," ujar Kapolsek Tambang Iptu Mardani Tohenes dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (14/10/2021).

Mardani mengatakan, pelaku ditangkap pada Selasa (12/10/2021), saat berada di Desa Hangtuah, Kecamatan Perhentian Raja, Kampar.

Menurut Mardani, pada November 2020 lalu, korban bertemu dan berkenalan dengan SB alias SO. Saat itu, pelaku mengatakan kepada korban bahwa dirinya bisa mengurus pembuatan sertifikat tanah milik korban.

"Pada Desember 2020, korban menyerahkan uang Rp100 juta kepada pelaku untuk pengurusan sertifikat tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kampar" ujar Mardani.

Selanjutnya, korban pergi melakukan pengecekan ke Kantor BPN Kampar. Ternyata, pelaku tidak pernah mengurus sertifikat tanah korban.

Korban sempat beberapa kali menghubungi pelaku untuk meminta uangnya dikembalikan. Namun, tidak ada iktikad baik dari pelaku untuk mengembalikan uang tersebut.

"Korban akhirnya melapor ke Polsek Tambang dan laporannya kita terima untuk dilakukan penyelidikan," kata Mardani.

Kepala Unit Reskrim Polsek Tambang, Ipda Melvin Sinaga bersama anggotanya langsung mencari keberadaan pelaku SB alias SO.

"Pelaku saat ini telah diamankan di Polsek Tambang untuk pengusutan lebih lanjut," pungkasnya.***