JAYAPURA - Menpora Zainudin Amali meminta PSSI memantau kapten Tim Sepakbola Papua, Ricky Ricardo. Pasalnya, menteri dari Partai Golkar ini sangat terpukau dengan  aksi gemilang Ricky Ricardo selama pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

“Saya sudah bilang ke Sekjen PSSI tolong dipantau pemain yang bertanding di PON Papua ini, terutama Ricky dan beberapa lainnya,” kata Menpora Amali usai menyaksikan laga final tim PON Papua kontra Aceh di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Kamis (14/10).

Menpora Amali berharap, Ricky bisa menjadi salah satu pesepak bola yang bersinar kedepannya. Oleh karenanya, diharap atlet tersebut bisa terus berlatih dan mengasah kemampuannya.

“Kita harap PSSI catat (dalam pemantauannya). Saya kira tak hanya dalam laga ini ya, provinsi lain juga,” ujar Menpora Amali.

Pemantauan talenta ini memang sejalan dengan apa yang diharapkan pemerintah. Menpora Amali menegaskan PON harus dijadikan ajang untuk mencari atlet yang kedepan bisa diharapkan untuk mengisi pemusatan latihan nasional (pelatnas).

Ricky Ricardo memang mencuri perhatian sepanjang PON XX. Tak hanya menyumbangkan medali emas untuk tim Papua, pemilik nomor 10 di skuat asuhan Eduard Ivakdalam ini juga menutup kiprahnya di PON Papua sebagai top skor.

“Sebelum PON bergulir, saya sudah yakin kami akan juara di tanah kami sendiri,” kata Ricky selepas pertandingan.

Ricky menjelaskan, persiapan panjang sudah dilakukan sejak lama oleh timnya. Mereka juga telah melakoni pertandingan uji coba. Pertandingan uji coba itu disebutnya sangat berarti dan menambah kerekatan dalam tim.

“Semua pemain di tim Papua ini rendah hati dan saling mengasihi satu sama lain,” pungkas Ricky. ***