PEKANBARU - Jalan Gajahmada Kota Pekanbaru, Provinsi Riau akan menjadi tempat berlangsungnya perayaan HUT TNI ke 72 yang digelar Kamis (5/10/2017) besok. Untuk itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif bagi pengendara.

Hal itu diungkapkan Kepala Satlantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser saat berbincang dengan GoRiau.com. Penutupan Jalan Gajahmada tersebut bersifat sementara, hingga acara selesai digelar, yang rencananya dimulai sejak Pukul 07.00 WIB, Kamis pagi besok.

"Sekitar dari jam 7 pagi sampai selesai, Jalan Gajahmada kita tutup sementara. Sementara akses jalan disekitarnya masih dalam digunakan, dan sebagian kita lakukan pengalihan arus," jelasnya. "Itu berlaku mulai besok (Saat hari H, red). Kalau hari ini (Rabu) masih normal," yakin Rinaldo.

Ia merincikan, Jalan Sumatera nantinya tetap bisa dipakai oleh pengendara (Roda dua dan empat, red), namun rencananya akan dibuat menjadi satu arah, misalnya dari Pattimura ke Gajahmada atau sebaliknya. Pertimbangan pemberlakuan satu arah karena mengantisipasi kemacetan.

"Biasanya Jalan Sumatera sering dipakai untuk parkir kendaraan, agar tidak macet maka rencananya kita terapkan satu arah," sebutnya.

Sedangkan untuk Jalan Kartini masih normal seperti biasa. Begitu pula dengan ruas Jalan Diponegoro. Hanya saja dari Diponegoro tidak bisa masuk ke Jalan Gajahmada, sehingga pengendara nanti akan diarahkan untuk lurus di persimpangan traffic Light depan kediaman Gubernur Riau.

Begitu juga bagi pengendara dari arah Jalan Jenderal Sudirman (Dekat Tugu Zapin, red) juga akan dialihkan untuk lurus (Tidak bisa berbelok ke Jalan Gajahmada, red). "Jalan Diponegoro ke Gajahmada dan Jalan Jenderal Sudirman ke Gajahmada akan kita alihkan besok," sambung dia.

Sementara untuk parkir kendaraan tamu dan undangan, akan difokuskan di halaman kantor KONI dan Samsat, sehingga aksesnya tidak jauh dari lokasi acara berlangsung. Satlantas Polresta Pekanbaru pun sudah berkordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Riau.

Kata Kompol Rinaldo Aser, akan ada sekitar 40 personel gabungan diturunkan untuk pengaturan di lokasi acara, serta untuk arus lalu lintas disekitarnya. Mereka nanti disebar dititik-titik vital, sehingga kendaraan tetap lancar. ***