SIDOARJO - Klub Persipura Jayapura harus bermain dengan sepuluh pemain saat bersua PS Tira Persikabo. Akan tetapi, Mutiara Hitam memberi respon taktik yang positif hingga mampu meraih kemenangan.

Persipura berjumpa Tira Persikabo pada pekan ke-22 Kompetisi  Sepakbola Liga 1 2019, Rabu (2/10) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Persipura menang 3-0 lewat dua gol Todd Ferre dan satu gol dari Boaz Solossa.

Pada menit ke-63, Persipura mulai bermain dengan sepuluh pemain pasca Andre Ribeiro mendapat kartu kuning keduanya atau kartu merah. Saat itu, Persipura sedang unggul dengan skor 1-0.

"Kami minus satu pemain, tujuan utama kita memperkuat pertahanan terutama back four kita dan lini tengah kita beri tugas khusus," ucap pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago.

Pasca Andre Ribeiro keluar, Jacksen kemudian menugaskan Muhammad Tahir mundur menjadi bek tengah. Setelah itu, Jacksen mengubah taktik dengan mengganti penyerang Titus Bonai dengan Oh Inkyun yang berposisi gelandang.

Pergantian ini dilakukan dengan pertimbangan taktikal. Oh Inkyun membuat lini tengah Persipura cukup solid. Dengan begitu, Jacksen merasa situasi lebih aman di belakang dan tengah.

"Kalau itu terjadi, kita mungkin satu atau dua kali bisa manfaatkan kelebihan Boaz atau Todd Ferre untuk menyerang," sambungnya.

"Saya ganti Tibo [tugasnya] dengan Ferre, karena Tibo lebih banyak bergerak di pinggir lapangan. Kalau Ferre dia punya daya jelajah yang lebih tinggi lagi dan dia punya skill untuk situasi satu lawan satu yang besar," ucap Jacksen.

Keputusan taktik Jacksen terbukti benar. Meskipun kalah jumlah pemain, serangan balik Persipura lewat Todd Ferre dan Boaz selalu berbahaya. Dua gol di babak kedua terjadi lewat skema ini.

"Tira juga banyak memberi ruang bagi kita karena mereka keluar untuk menyerang. Hal ini membuat kita bisa mendapat peluang satu lawan satu," kata pelatih asal Brasil. ***