PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyiapkan lahan seluas 5 hektar di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai untuk menjadi kawasan agrowisata dan cadangan pangan Kota Pekanbaru di masa depan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, Senin (13/7/2020).

"Tapi lebih khusus lagi, kita buat konsepnya nanti 'Cadangan Pangan Terintegrasi' atau disingkat 'Cantik'. Jadi di kawasan itu nanti ada budidaya tanaman holtikultura seperti cabai, jagung, ubi, dan terong, budidaya perikanan dengan konsep lahan terbatas, dan juga peternakan ayam, sapi diatasnya," ujarnya.

Alek menjelaskan, dengan kawasan agrowisata 'Cantik' ini, Kota Pekanbaru diharapkan tetap mampu memenuhi kebutuhan pangannya apabila terjadi hal-hal tak terduga seperti bencana alam.

"Saat ini memang data kita mengatakan bahwa ketersediaan pangan kita masih sangat cukup. Tapi paling tidak, ini bisa jadi cadangan, misalnya suplai sayuran holtikultura ke Kota Pekanbaru saat ini dari Sumatera Barat, misalkan akses jalan terputus, kita tidak kekurangan pangan," paparnya.

Lebih lanjut, menurut Alek saat ini pihaknya sedang melakukan penyusunan masterplan terkait kawasan agrowisata tersebut. Masterplan ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020 dan mulai pengerjaan fisik tahun 2021.***