PEKANBARU - Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi berkesempatan menjadi narasumber dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa/i Baru (PKKMB) Universitas Riau, Rabu (7/8/2019) di Auditorium Sultan Balia.

Acara yang dihadiri ratusan mahasiswa/i baru mengangkat tema Sinergitas Pemerintah Daerah dan Universitas dalam Konteks Pembangunan SDM Riau di Era 4.0. Kedatangan orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning ini disambut gemuruh tepuk tangan.

Dihadapan calon pemimpin masa depan, Syamsuar menyampaikan, agar kosentrasi dalam belajar. Karena masa depan yang baik diri sendiri yang menentukan bukan orang lain. Mahasiswa harus bisa menyesuaikan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

"Anak Fisip (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), harus pandai dengan perkembangan teknologi saat ini. Tentunya, mengikuti kemajuan teknologi yang positif. Sehingga kita siap menghadapi Industri 4.0," kata Syamsuar kepada GoRiau.com.

Menjadi mahasiswa harus lebih kreatif dan mandiri, diungkapkan Syamsuar. Beda ketika masa SMA, semuannya diatur. Hal ini harus dipahami, sebagai bentuk keseriusan mengejar masa depan.

"Harapan saya, jangan abaikan apa yang menjadi cita-cita dan keinginan orangtua. Semakin tinggi pendidikan maka semakin terbuka lapangan kerja. Semoga adik-adik ataupun ananda semuanya sukses dalam menuntut ilmu. Kalau bisa setelah lulus bisa menciptakan lapangan kerja," ungkap Syamsuar.

Kepada mahasiswa baru Fisip Universitas Riau, diutarakan Syamsuar, bahwa saat ini merupakan generasi emas. Memimpin saat usia muda, menjadikan sebuah negeri akan lebih maju. "Jadi, sebagai generasi emas dari sekarang harus belajar sungguh-sungguh dan gunakan ilmu nantinya untuk membangun negeri ini," jelas Syamsuar. (advertorial)