SIDOARJO - Persipura Jayapura terpaksa tampil tanpa tiga pemain pilarnya ketika menerima kekalahan 1-3 dari Persib Bandung pada pekan ke-20 Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019, Senin (23/9/2019) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur. Tapi, menurut pelatih Jacksen F. Tiago, absennya pemain itu tidak bisa menjadi alasan.

Tim berjuluk Mutiara Hitam itu harus tampil tanpa dua gelandang Muhammad Tahir dan Ibrahim Conteh karena akumulasi kartu. Selain itu, striker utama Mamadou Samassa juga absen karena masih dalam pemulihan cedera hamstring.

Jacksen sendiri mengakui jika absennya tiga pemain pilar itu membuat stabilitas permainan Persipura terganggu. Persipura tak memiliki gelandang bertipikal perebut bola dan kehilangan kepercayaan diri untuk memainkan umpan-umpan pendek.

“Tiga pemain vital dalam sistem yang kami punya juga tidak main. Padahal Tahir dan Conteh petarung sejati, sehingga jelas kami tidak punya stabilitas seperti biasa,” ungkap Jacksen.

“Kemudian Samassa, dia mampu menahan bola didepan. Tadi kami banyak long ball terutama di babak pertama, padahal punya pemain dengan kemampuan yang sama dengan Samassa,” tambahnya.

Meski begitu, Jacksen tak mau menjadikan absennya pemain itu sebagai alasan. Mantan pelatih Barito Putera itu mengakui jika Persib tampil bagus dan mampu memaksimalkan segala peluang yang dimiliki.

“Kami tidak boleh mengurangi respek kepada lawan. Kami kalah bukan karena tiga pemain tidak ada, justru karena lawan mampu memanfaatkan momentum. Kami tidak dalam performa terbaik, tidak berada dalam momen yang tepat,” kata Jacksen.

Dengan hasil itu, Persipura tertahan di posisi 7 klasemen sementara pekan ke-20 Kompetisi Sepakbola Liga 1. Boaz Solossa dkk meraih 27 poin dari 18 laga. ***