SELATPANJANG - Ikatan Pelajar Yogyakarta Komisariat Kepulauan Meranti (IPRY-KKM) dan Keluarga Alumni Yogyakarta Meranti (Kamyranti) menggelar kegiatan bagi-bagi takjil dan buka bersama.

Meski di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2012 hingga tahun ini (2021) tentunya tetap dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Kegiatan dilaksanakan bertempat di Resto Kopitiam, Jalan Diponegoro, Selatpanjang, Rabu (5/5/2021).

Ketua panitia pelaksana, Lingga Nurcholis mengucapkan terimakasih kepada alumni karena berkat sumbangsih alumni kegiatan ini berjalan dengan baik. Adapun jumlah takjil yang diberi yakni sebanyak 250 dan yang hadir dalam kegiatan bagi takjil dan buka bersama tergabung sebanyak 60 mahasiswa dan alumni.

"Kalau tahun lalu (2020) kita mengelar berbagi paket lebaran sebanyak 500 paket dan tahun ini (2021) IPRY-KKM dan Kamyranti kembali berbagi takjil dan berbuka puasa bersama," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IPRY-KKM, Muhammad Rizki dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait kondisi mahasiswa di kota pelajar Yogyakarta dimana disana tetap solid dalam kekeluargaan sesuai dengan tujuan organisasi ini dibangun.

Rizki juga menyampaikan program unggulan dari IPRY-KKM yakni memperkenalkan produk lokal untuk dibawa ke daerah Jawa dan sekitarnya guna membantu UMKM di Kepulauan Meranti untuk mengembangkan usahanya melalui produk lokal.

"Adapun yang ingin kami bawa ke Jogja yakni berupa sagu (beras sagu, tepung sagu, mie sagu dan lain-lain) dan produk lainnya seperti kue semprong (kue napal). Kami dan pengurus berharap agar pemerintah membantu dalam mengembangkan usaha tersebut guna membantu masyarakat Meranti. Mengingat di Meranti banyak produk unggulan yang bisa kita pasarkan di Yogyakarta pulau Jawa dan sekitarnya," ungkapnya.

Ditambahkan Mohd. Trinanda Putra selaku Ketua Umum IPRY yang mengajak bersatupadu dalam mewujudkan cita-cita kawan-kawan IPRY-KKM untuk bersama-sama mendukung penuh program yang telah di buat oleh ketua dan pengurus IPRY-KKM.

"Mengingat program tersebut sangat baik untuk menggali potensi daerah. Bersama kita rawat terus sinergisitas keluarga besar IPRY-KKM seperti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat ini," ajaknya.

Selanjutnya, dalam kesempatan itu, Sakinul Wadi selaku ketua Kamyranti mengucapkan terimakasih kepada seluruh alumni Yogyakarta Meranti yang terus ikut andil untuk bersama-sama memberi arahan kepada para mahasiswa dalam mewujudkan program yang telah dibuat.

"Kami disini hanya bisa memberi akses untuk adik-adik di Yogyakarta, mengingat program yang telah dikemas dapat memberi sumbangsih bagi kabupaten kita. Dan dalam waktu dekat kita akan berdiskusi dan membuat konsep bagaimana cara untuk mengembangkan produk lokal di pulau jawa nantinya. Selamat kepada adik kita Mohd. Trinanda Putra sebagai ketua IPRY terpilih, karena baru kali pertama anak Kepulauan Meranti mendapatkan amanah di organisasi besar yakni IPRY di Yogyakarta," pungkasnya.***