BENGKALIS-Dari 3.370 swab test,  sebanyak 96 warga Kabupaten Bengkalis terkonfirmasi positif Covid 19,  Kepastian tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis,  Ersan Saputra, Senin (14/9/2020).

Menurut Ersan Saputra, dari 3.370 swab test, 3.280 dinyatakan negatif dan positif berjumlah 96 orang, 13 masih dalam perawatan, 41 dinyatakan sembuh dan 4 meninggal dunia.

“Swab yang sudah kita lakukan sebanyak 3.370 tes swap dengan hasil 3.280 negatif, 96 positif. Total yang masih dirawat di Rumah Sakit ada 13 orang, sembuh 41 orang, meninggal dunia 4 orang,” ungkap Ersan.

Dijelaskan Ersan Saputra, sepekan terakhir terjadi penambahan 5 positif Covid-19, ditindaklanjuti dengan melakukan treasing. Pada sisi lain, untuk melakukan pencegahan penyebaran, Dinas Kesehatan memfokuskan pelaksanaan Swap Test di Instansi atau Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik.

“Tidak sebanyak minggu lalu, ada penambahan 5 orang dan ini sudah kita lakukan treasing kontaknya dan insya Allah kita menunggu hasil swab yang akan keluar. Dinas Kesehatan Bengkalis sekarang terus melakukan swab tes di OPD yang terlibat dengan pelayanan publik seperti PURP dan lainnya. Kita juga sudah menjadwalkan untuk semua OPD sesuai dengan instruksi PLH Bupati”terang Ersan.

Dari 96 Kasus positif Covid-19 di Bengkalis, sebagian besar merupakan Orang Tanpa Gejala, tanpa batuk dan tidak disertai demam tinggi, saat ini dirawat dan melaksanakan isolasi mandiri.

“Rata-rata yang positif saat ini mayoritas tidak menunjukkan gejala. Sebanyak 38 orang yang melakukan isolasi mandiri tidak menunjukkan gejala yang spesifik,” jelas Ersan.

Ersan Saputra minta masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, salah satunya dengan memakai masker dan menjaga jarak, untuk mencegah penyebaran Covid-19.***