PANGKALAN KERINCI - Aryondo Christ Rohan Silalahi (17), siswa SMA Mutiara Harapan, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, jurusan IPS ini berhasil menjadi terbaik se Provinsi Riau UNBK 2019. Ia memperoleh nilai sempurna dua dari empat mata pelajaran yang diujikan.

Ary, begitu ia akrab disapa mendapatkan perolehan nilai 100 untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Sementara untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia ia memperoleh 82,0 dan Ekonomi mendapat 92,5.

"Untuk Matematika dan Bahasa Inggris saya dapat nilai 100, Bahasa Indonesia 82,0 Ekonomi 92,5," sebut Ary kepada GoRiau, Sabtu (11/5/2019).

Ary tidak menyangka dapat menjadi yang terbaik untuk tingkat SMA jurusan IPS se Provinsi Riau. Namun berkat ketekunannya, prestasi yang sangat membanggakan ini dapat diraih.

Ads
"Pas dapat kabar dari teman, kaget aja, gak nyangka sih bakal dapat meraih prestasi ini. Fillingnya kemarin ya, paling ya se Pelalawan aja," tuturnya.

Anak pertama dari dua bsrsaudara, pasangan Cosman Erwan Silalahi dan Andar Elfrida Eiana Sinaga berkeinginan untuk melanjutkan ke Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). "Pinginnya bisa masuk di STAN," katanya.

Kepala Sekolah SMA Mutiara Harapan, Lei Suang mengamu sangat bangga demgan prestasi yang dicapai anak didiknya. Berhasil meraih nilai rata-rata UN tertinggi se Provinsi Riau.

"Kami sungguh bangga dengan prestasi peserta didik kelas 12 tahun ini, yang mendapatkan nilai rata-rata tertinggi se Provinsi Riau, baik untuk jurusan IPA maupun IPS," kata Lei Suang.

Dikatakannya, untuk jurusan IPS merupakan yang kedua kalinya menduduki peringkat pertama nilai rata-rata UN se Provinsi Riau.

Secara individu, kata dia, untuk jurusan IPS siswa SMA Mutiara Harapan, yakni Aryondo Christ Rohan Silalahi, berhasil meraih nilai tertinggi se Provinsi Riau, dengan total nilai 374,5.

"Aryondo memperoleh nilai rata-rata 93,62. Dengan rincian, Bahasa Indonesia 82,0, Matematika 100 dan Bahasa Inggris 100 dan Ekonomi 92,5," sebut Lei Suang.*