RENGAT - Dinas Kesehatan Indragiri Hulu (Inhu), Riau telah menyiapkan 6.000 alat swab tes untuk pelaksanaan swab massal. Swab massal ini dilakukan seiring meningkatnya kasus Covid-19 di Inhu.

"Kita sudah mempersiapkan 6000 alat swab tes untuk digunakan swab masal," kata Elis Juniarti, Kepala Diskes Inhu, Kamis (21/1/2021) di Rengat.

Dikatakan Elis, rencana pelaksanaan swab massal merupakan perintah Bupati Inhu Yopi Arianto. Karena itu, pihaknya terus melakukan tracing terhadap pasien suspek dan kontak erat dengan pasien Covid-19.

Sesuai dengan aturan, lanjut Elis, dari satu juta warga minimal yang harus diswab sebanyak 3.500 orang. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Inhu yang saat ini berjumlah sekitar 400 ribu-an, maka yang perlu diswab lebih kurang 1.500 orang.

"Target kita 1.500 orang," tegas Elis.

Namun Elis belum bisa memastikan kapan pelaksanaam swab massal tersebut. Kendati demikian, pihaknya sudah siap untuk pelaksanaan swab massal.

"Pelaksanaan swab massal ini akan kita sesuaikam dengan kesiapan Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad. Intinya kita siap melaksanakan kapan saja," ujar Elis.***