PEKANBARU – Para pendekar silat asal Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum kejuaraan dunia, World Pencak Silat Championship 2022 yang berlangsung di Melaka, Malaysia.

Kontingen merah putih menurunkan sebanyak 36 orang para pendekar terbaiknya untuk mengikuti kejuaraan dunia ini, dan Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum setelah berhasil mengumpulkan 11 medali emas, 9 perak, dan 8 perunggu.

Salah satu pendekar yang berhasil menyumbangkan medali untuk Indonesia ini berasal dari Provinsi Riau, yaitu Siska Astuti.

Siska yang turun di kelas open 1 putri 85 hingga 100 kilogram berhasil membawa pulang medali perunggu, Siska sebenarnya bisa menang di babak semifinal itu. Namun dia harus puas setelah kalah angka dari pesilat asal Thailand.

"Kalau menurut Siska ini belum maksimal, sebenarnya bisa lebih dari ini. Jadi memang harus lebih banyak latihan lagi," katanya, Selasa (2/8/2022).

Ini merupakan keikutsertaan Siska yang perdana di ajang Kejuaraan Dunia Pencak Silat. Pada saat pertarungan, Siska mengakui dirinya masih merasakan tekanan sehingga membuat dirinya ragu-ragu dan grogi.

"Selanjutnya harus banyak latihan lagi, termasuk juga latihan mandiri," jelas Siska.

Daftar perolehan medali

1. Indonesia 11 Emas, 9 Perak, 8 Perunggu
2. Malaysia 7 Emas, 7 Perak, 9 Perunggu
3. Vietnam 6 Emas, 4 Perak, 11 Perunggu
4. Singapura 5 Emas, 4 Perak, 8 Perunggu
5. Thailand 4 Emas, 3 Perak, 7 Perunggu
6. Philipina 1 Perak, 6 perunggu
7. India 7 Perunggu
8. Brunei Darussalam 2 Perunggu
9. Algeria 2 Perunggu
10. Uzbekistan 2 Perunggu
11. Amerika 1 Perunggu
12. Laos 1 Perunggu
13. Netherlands 1 Perunggu ***