VANTAA -  Tim Nasional (Timnas) Bulutangkis Indonesia harus berjuang keras untuk memboyong Piala Sudirman kembali ke Tanah Air. Dalam undian babak perempatfinal yang digelar Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) di Energia Areena, Vantaa, Kamis (30/9/2021) malam, Hendra Setiawan dan kawan-kawan akan menghadapi lawan berat, Malaysia.

Berada di paruh bawah, kalau lolos dari hadangan Malaysia, Skuad Garuda di babak semifinal bakal bersua pemenang antara unggulan kedua sekaligus juara Grup D Jepang dan runner up Grup B, Chinese Taipei.

Sementara di paruh atas, unggulan pertama sekaligus juara Grup A, China bertemu Denmark, runner up Grup C. Sementara unggulan keempat Korea Selatan yang juga juara Grup B bakal bersua Thailand, runner up Grup A.

Undian digelar setelah seluruh pertandingan babak penyisihan grup Piala Sudirman XVII/2021 selesai. Undian dilakukan pada hari Kamis (30/9) malam pukul 21.00 waktu setempat atau 01.00 Jumat dinihari WIB.

Sebelum proses undian digelar, BWF menyatakan bahwa, di babak perempatfinal sang juara grup tidak akan kembali bertemu dengan runner up dari grup yang sama. Artinya Indonesia tidak bertemu lagi dengan Denmark.

Indonesia tampil sebagai juara Grup C. Di babak penyisihan, tim Merah-Putih menang di tiga pertandingan. Yaitu 5-0 atas National Badminton Federation of Russia, serta masing-masing 3-2 atas Kanada dan Denmark.

Mengomentari hasil undian, Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky menyebut dengan kekuatan yang dimiliki Indonesia, dia optimistis bisa mengatasi perlawanan tim Negeri Jiran.

"Saya yakin anak-anak bisa tampil maksimal dengan kekuatan kita. Di semua sektor, kita akan menampilkan kekuatan inti dan terkuat. Saya berharap semua pemain bisa main maksimal seperti kemarin saat melawan Denmark," ujarnya di Hotel Skyline Airport, Vantaa.

Ditambahkan, poin-poin kekuatan Indonesia akan terletak pada sektor ganda putra, ganda putri, ganda campuran, dan tunggal putri. "Kita yakin, tetapi tidak boleh terlalu berlebihan. Saya punya keyakinan bisa mengatasi Malaysia," sebutnya.

Untuk tunggal putra, Rionny menyebut bahwa kekuatan antara Indonesia dan Malaysia seimbang. "Untuk tunggal putra, kekuatannya ramai. Meski begitu saya harapkan semua sektor bisa ambil poin," tutupnya.

Pertandingan babak perempatfinal perebutan Piala Sudirman akan digelar pada Jumat (1/10). Indonesia bertemu Malaysia pada laga sore pukul 16.00 waktu setempat.  ***