PEKANBARU - Pemerintah pusat dan daerah terus berupaya memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19). Yang dilakukan pemerintah seharusnya sejalan dengan pelaku usaha ritail, seperti Indomaret, Alfamart dan sejenisnya di Riau. Mereka harus menyediakan wastafel sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus yang menjadi pandemi.

Pengamat Pemerintahan di Riau, Saiman Pakpahan kepada GoRiau.com mengatakan, penyediaan wastafel di ritail Indomaret, Alfamart dan sejenisnya merupakan keharusan. Dunia usaha jangan hanya mementingkan kepentingan bisnis, apalagi semua stakeholder sudah melakukan berbagai upaya pencegahan.

"Kalau mereka tidak mau menyediakan wastafel untuk mencuci tangan di bagian luar gerai atau toko, sebaiknya pemerintah sebagai pihak yang memberikan izin harus berani mencabut izinnya. Pilihannya cuma dua, tutup atau berempati kepada rakyat dengan mamasak wastafel. Riau todak butuh pelaku bisnis ritail yang bandel," kata Saiman, Kamis (26/3/2020).

Dikatakan Saiman, Indomaret, Alfamart dan sejenisnya, jangan telalu egois, yang lebih mementingkan kepentingan kapitalis dan keuntungan saja. Sementara hari ini, semua pihak perhatiannya sedang tertuju pada masalah publik, yakni virus Corona.

"Setidaknya mereka ini berempati. Karena mereka berbisnis dan mendapatkan keuntungan dalam suasana normal sebelumnya. Tapi dalam suasana yang tidak normal seperti sekarang ini mereka harus memiliki empati kepada masyarakat. Bagaimana menyisihkan keuntungannya untuk masyarakat," ungkap Saiman.

Dengan adanya wastafel dan hand sanitizer, sambung Saiman, untuk sudah membantu pemerintah dan menjaga masyarakat yang berbelanja. "Jangankan wastafel, sejenis hand sanitizer saja tak disediakan oleh pemilik modal Indomaret, Alfamart dan sejenisnya. Jangan mau untung saja, tapi kesehatan konsumen diabaikan," tutup Saiman. ***