LAMPUNG -- Seorang ibu dan putrinya yang berusia 13 tahun di Lampung, menjadi korban pencabulan yang dilakukan tetangganya sendiri berinisial W (61).

Dikutip dari Kompas.com, Kapolsek Teluk Betung Selatan, Komisaris Hari Budianto mengatakan, pelaku merupakan warga Jalan Ikan Semadar, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Lampung. Pencabulan itu dilakukan dengan modus ritual klenik mandi membersihkan diri sebelum Ramadhan.

''Modus pelaku ini dengan mengadakan ritual mandi sebelum masuk bulan puasa pada 10 April kemarin,'' kata Hari, kepada wartawan, Senin (17/5/2021).

Pelaku sudah berhasil ditangkap dan digelandang ke Mapolsek Teluk Betung Selatan. ''Pelaku kita tangkap tanpa perlawanan di rumahnya,'' kata Hari.

Menurut Hari, di lingkungan tempat tinggalnya pelaku W dikenal sebagai 'orang pintar' alias dukun.

''Pelaku dipercaya oleh masyarakat setempat punya keahlian spiritual,'' kata Hari.

Hari menjelaskan, pencabulan ini berawal dari permintaan keluarga korban yang ingin melakukan ritual karena hendak memasuki bulan puasa.

Orang yang pertama dimandikan adalah kepala keluarga, kemudian istri dan anaknya.

''Saat memandikan istri korban, pelaku mencabulinya. Pelaku juga sempat meminta agar istri korban itu tidak memberitahukan pencabulan itu kepada sang suami,'' kata Hari.

Pencabulan juga terjadi saat pelaku memandikan putri korban yang masih berusia 13 tahun.

''Pelaku dilaporkan mencabuli anak korban ini sebanyak 3 kali,'' ungkap Hari.

''Ada informasi bahwa ada korban lain, kami masih dalami dan imbau agar korban melaporkan itu ke polisi,'' kata Hari.***