DUMAI - Hingga Senin (3/6/2019), sebanyak 2.319 penumpang yang turun di pelabuhan penumpang domestik Bandar Sri Junjungan Kota Dumai.

Banyaknya arus kedatangan penumpang tersebut terjadi menjelang perayaan Idul Fitri 1440 Hijiriah, dimana mendekati lebaran jumlah calon pemudik terus meningkat.

Dikatakan Manager Operasional PT Pelabuhan Dumai Berseri Tengku Muhammad Zalek Usman, lonjakan penumpang di Pelabuhan BSJ mulai terjadi sejak H-15 atau 21 Mai 2019.

Tingginya arus kedatangan dipelabuhan Dumai tersebut, sejumlah perusahaan pelayaran melakukan upaya antispasi dengan penambahan kapal ferry penumpang.

"Sebagai pengelola pelabuhan, kita sudah menyiapkan fasilitas umum dan mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang, dan lima kapal ditambah setiap hari," kata Zalek kepada GoRiau.com, Senin (3/6/2019).

Pada hari biasa hanya dua kapal melayani penumpang, dan saat angkutan lebaran 2019 ini ditambah lima kapal ferry untuk melayani calon pemudik.

Arus mudik penumpang didominasi pemudik datang dari sejumlah daerah di Provinsi Kepulauan Riau, seperti Batam, Tanjung Balai Karimun dan Tanjung Pinang ditambah beberapa daerah di Riau, seperti Bengkalis, Selat Panjang Kepulauan Meranti.

"Puncak arus mudik mulai terjadi pada H-4 lebaran, atau pada Sabtu 1Juni 2019 kemarin, dimana jumlah calon pemudik mencapai 2.159 orang," katanya menjelaskan.

Sejumlah fasilitas umum disiapkan di pelabuhan yang baru beroperasi empat bulan ini, yaitu ruang peristirahatan penumpang dan supir, musalla dan kantin serta tim medis untuk penanganan penumpang sakit. ***