TOKYO - Pasangan ganda putra Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan mendapat perlawanan sengit dari rekan sepelatnas, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira-Ade Yusuf Santoso di babak kedua Japan Open 2019. "Perang saudara" akhirnya dimenangkan oleh Hendra-Ahsan dengan skor 16-21, 21-18, 22-20.

Hendra/Ahsan tak dapat mengembangkan permainan mereka di game pertama dan terus bermain di bawah tekanan Wahyu/Ade. Penempatan-penempatan Wahyu/Ade yang menyulitkan, membuat Hendra/Ahsan harus jatuh bangun.

"Alhamdulillah kami bisa melewati partai yang krusial, mereka penampilannya lagi bagus, kalau melawan top seed selalu beri perlawanan. Kami sudah antisipasi ini, kami sudah menyangka akan ramai," kata Ahsan setelah pertandingan.

"Kami sempat tertekan di game pertama, di pertengahan game kedua kami bisa membalikkan keadaan," ujar Ahsan.

Hendra mengatakan bahwa ia dan Ahsan mencoba untuk mencari cara untuk mengatasi perlawanan Wahyu/Ade di awal game kedua. Satu demi satu poin akhirnya berhasil dikumpulkan oleh Hendra/Ahsan.

"Kami pelan-pelan coba cari cara, pertama-tama memang nggak enak mainnya. Kami kan sudah biasa latihan bareng, jadi sudah tahu bola-bolanya seperti apa. Wahyu/Ade trennya lagi bagus, di Indonesia Open kemarin walaupun kalah tapi mereka mainnya bagus, ada perlawanan," ujar Hendra.

Di babak perempat final, Hendra/Ahsan akan bertemu dengan Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol dari Korea. Kedua pasangan terakhir kali bertemu di Australia Open 2019, kala itu Hendra/Ahsan dikalahkan dengan skor 15-21, 15-21. Rekor pertemuan sementara imbang 2-2 untuk kedua pasangan.

Ko/Shin ke perempat final setelah mengalahkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan skor 11-21, 21-12, 21-18.

"Mau ketemu siapa saja kami siap, yang penting dari kaminya bisa tampil maksimal. Kalau soal stamina, kami belum merasa capek sih, kami berusaha enjoy saja dan nggak memikirkan stamina sudah menurun atau apa," kata Ahsan.

Indonesia mengirim delapan wakil ke perempat final. Selain Hendra-Ahsan, mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon, Praveen Jordan-Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal-Gloria Emanuelle Widjaja, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Tommy Sugiarto dan Greysia Polii-Apriyani Rahayu. ***